Analisis minat siswa dalam pembelajaran angklung di sekolah dasar

Authors

  • Pramesti Khoerunnisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Resa Respati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anggit Merliana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i4.24848

Abstract

Minat merupakan suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas. Minat sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Siswa yang mempunyai minat tinggi, maka akan mempunyai ketertarikan serta rasa suka terhadap proses pembelajaran. Sebaliknya, siswa yang tidak mempunyai minat maka tidak akan mempunyai ketertarikan terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat siswa terhadap pembelajaran angklung di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi literatur. Penelitian ini melibatkan guru dan siswa kelas empat SD Negeri 3 Sukarindik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan minat antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan, 2) kurangnya fasilitas juga fasilitator konsisten untuk melaksanakan pembelajaran angklung, 3) lebih banyak siswa tidak memiliki minat terhadap pembelajaran angklung. Oleh karena itu, dukungan dari berbagai pihak dibutuhkan untuk meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran angklung.

Downloads

Published

2025-07-29

Issue

Section

Articles