Pengaruh memirsa berita terhadap keterampilan menulis teks nonfiksi di kelas V sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i4.24964Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis laporan teks nonfiksi berita siswa yang perlu perhatian. Menulis teks nonfiksi berita merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa. Sesuai dengan KD 4.7 “Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi kedalam tulisan tangan sendiri”. Dalam meningkatkan kemampuan menulis laporan siswa dapat menggunakan metode yang tepat salah satunya adalah memirsa berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh memirsa berita sebagai sumber menulis teks nonfiksi kelas V Sekolah Dasar sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one grup pretest-postest. Sampel penelitian ini 24 siswa kelas V SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan tes. Data yang dihasilkan dianalisis menggunakan analisis statistik dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap keterampilan menulis teks nonfiksi setelah penerapan memirsa berita digunakan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fazril Rizky Septiana, Dian Indihadi, Erwin Rahayu Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.