Peningkatan keterampilan menulis menggunakan pendekatan prosesdengan media gambar di SDN Pajaten 1
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i4.25024Abstract
Dalam ruang kelas III SDN Pajaten I yang berada di Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, pendekatan berbasis gambar diterapkan untuk mengasah kemampuan menulis siswa. Penelitian ini termasuk dalam kategori tindakan kelas, melibatkan 28 siswa dari kelas III sebagai partisipannya. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini memanfaatkan lembar observasi dan tes performa menulis. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa keterampilan menulis siswa kelas III SDN Pajaten I Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang dapat ditingkatkan melalui pendekatan proses yang memanfaatkan media gambar. Hasil observasi dan nilai tes siswa menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Pada siklus pertama, 18 dari 28 indikator tercapai (kategori Sedang), sedangkan pada siklus kedua, 24 dari 28 indikator berhasil dicapai (kategori Baik). Hasil tes keterampilan menulis siswa mengungkapkan pencapaian ketuntasan klasikal. Persentasenya naik menjadi 68,3% pada siklus pertama dan meningkat lagi menjadi 75% pada siklus kedua.
.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rina Fitriyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.