Meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik kelas IV SD menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i4.25043Abstract
Seiring berkembangnya teknologi, media pembelajaran dengan materi berbasis digital secara keseluruhan pada tahapan pendidikan dasar menandakan potensi transformatifnya dalam pembelajaran. Hal ini terjadi karena kemampuannya menyediakan informasi dari berbagai sumber yang dapat memotivasi peserta didik serta meningkatkan komunikasi dua arah (interaktif). Penggunaan media pembelajaran interaktif bisa dilaksanakan saat proses belajar bahasa asing, dimana bahasa asing yang umum diajarkan di sekolah dasar Indonesia adalah bahasa Inggris sebagai muatan lokal. Namun penggunaan media tersebut sangat jarang, dan pembelajaran masih menunjukkan kurangnya interaksi antara guru dengan peserta didik, karena selama proses pembelajaran bahasa Inggris guru hanya mengandalkan buku cetak sebagai media penyampaian materi. Salah satu upaya meningkatkan interaksi tersebut adalah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik kelas IV sekolah dasar menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline. Penelitian menggunakan metode pre-experimental dengan jenis one group pretest - posttest design. Penelitian ini menunjukkan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dibuktikan dengan nilai rata - rata dari 56,88 pada pretest menjadi 87,12 pada posttest.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khoirul Irvan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.