Catatan kolaborasi antara orang tua dan guru atas minat belajar dan perolehan budaya literasi siswa

Authors

  • Okta Rosfiani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Khairunisa Ikbal Story Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lulu Nadillah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Abizar Al-Ghifari Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Malika Febriansyah Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i4.26489

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya kolaborasi antara orang tua dan guru dalam meningkatkan minat belajar dan perolehan budaya literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk kerjasama yang dilakukan oleh orang tua dan guru, serta dampaknya terhadap motivasi belajar siswa. Secara keseluruhan, kolaborasi antara orang tua dan guru tidak hanya meningkatkan motivasi belajar siswa tetapi juga memperkuat budaya literasi di kalangan mereka, menciptakan fondasi yang kuat untuk kesuksesan akademis di masa depan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi yang efektif antara orang tua dan guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, yang pada gilirannya berkontribusi pada perolehan budaya literasi yang lebih baik. Kerjasama ini mencakup komunikasi yang intensif, keterlibatan dalam kegiatan sekolah, serta dukungan dalam aktivitas belajar di rumah. Penelitian ini menegaskan bahwa keterlibatan aktif orang tua dalam pendidikan anak sangat berpengaruh terhadap keberhasilan akademik dan perkembangan literasi siswa secara keseluruhan.

Downloads

Published

2025-07-29

Issue

Section

Articles