Model rencana dan asesmen pembelajaran konstruktivis berbasis proyek untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 siswa kelas 5 MI Al-I’tishaam
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i4.26741Abstract
Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model rencana dan asesmen pembelajaran konstruktivis berbasis proyek yang dapat meningkatkan keterampilan abad ke-21 siswa kelas 5 MI Al-I’tishaam. Dengan pendekatan konstruktivis, model pembelajaran berbasis proyek diharapkan mampu mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, berfikir kritis, kreatif, dan bekerjasama dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tahap-tahap analisis kebutuhan, perancangan model, uji coba, serta evaluasi dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran konstruktivis berbasis proyek yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan abad ke-21 siswa, meliputi keterampilan komunikasi, kolaborasi, kreativitas, dan pemecahan masalah. Selain itu, asesmen yang terintegrasi dengan proyek pembelajaran memungkinkan evaluasi yang lebih holistik terhadap perkembangan siswa. Berdasarkan temuan ini, model pembelajaran yang dihasilkan diharapkan dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MI Al-I’tishaam serta menjadi referensi bagi pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad ke-21 di madrasah lainnya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aldian Yoga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.