Konsep manajemen kelas berbasis pendidikan karakter di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i4.26772Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep, strategi, tantangan, dan solusi dalam manajemen kelas berbasis pendidikan karakter di sekolah dasar. Manajemen kelas berbasis pendidikan karakter mengintegrasikan pengelolaan kelas dengan pembentukan nilai-nilai moral dan sosial siswa, yang sangat penting pada tahap perkembangan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data interaktif, menggabungkan studi pustaka dari berbagai teori pendidikan seperti Kounin, Piaget, Kohlberg, dan Vygotsky. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas berbasis pendidikan karakter melibatkan pengelolaan interaksi kelas yang mendukung pembentukan karakter positif, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan empati. Berbagai strategi yang dapat diterapkan meliputi merancang aturan kelas berbasis karakter, penerapan sistem penghargaan dan konsekuensi, serta pembelajaran kolaboratif yang mendorong keterampilan sosial. Tantangan yang dihadapi dalam penerapannya, seperti keragaman karakter siswa, keterbatasan sumber daya, dan resistensi terhadap perubahan, dapat diatasi dengan pendekatan yang adaptif, pelatihan guru yang memadai, dan keterlibatan semua pihak dalam mendukung integrasi pendidikan karakter. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengembangkan strategi praktis bagi guru untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan akademik dan karakter siswa secara seimbang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Khoerudin, Yusbowo, Siti Patimah, Arinda Firdianti, Fitriyana, Nova Triana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.