Peran guru dalam manajemen lingkungan belajar untuk menumbuhkan sikap kolaboratif siswa di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i4.26779Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam manajemen lingkungan belajar yang kondusif bagi kolaborasi, strategi yang digunakan untuk mendorong kerja sama siswa, serta dampak penerapan strategi kolaboratif terhadap perkembangan sikap kolaboratif siswa di kelas 3 SDN 2 Braja Indah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi modul ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai fasilitator sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kerja sama. Guru tidak hanya mengatur ruang kelas secara efektif, tetapi juga memberikan peran yang jelas kepada siswa dalam setiap kegiatan kelompok, menciptakan suasana inklusif dan terbuka untuk diskusi. Strategi yang diterapkan oleh guru meliputi pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok, permainan edukatif, dan simulasi peran, yang semuanya dirancang untuk mengembangkan keterampilan kolaboratif siswa. Dampak penerapan strategi tersebut sangat positif, terlihat dari peningkatan keterlibatan siswa yang sebelumnya pasif, berkembangnya keterampilan komunikasi dan kerja sama, serta tumbuhnya rasa empati dan kepercayaan di antara siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa strategi kolaboratif yang diterapkan guru berperan penting dalam membentuk sikap kolaboratif siswa yang tidak hanya bermanfaat dalam konteks pembelajaran, tetapi juga dalam kehidupan sosial mereka di masa depan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suwarno B, Yusbowo, Siti Patimah, Arinda Firdianti, Lia Martha Ayunira, Muhammad Khoerudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.