Upaya meningkatkan kreativitas peseta didik dalam pembelajaran seni rupa terapan melalui penerapan teknik cap pelepah pisang kelas II SDN Karangtengah
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i4.27245Abstract
Abstrak
Pembelajaran seni di sekolah dasar berperan penting dalam mengembangkan kreativitas dan apresiasi estetika peserta didik. Hasil observasi di kelas II SDN Karangtengah yang berjumlah 22 siswa menunjukkan bahwa kreativitas siswa dalam pembelajaran seni rupa terapan masih tergolong rendah. Sebanyak 13 siswa (59,09%) belum memenuhi indikator kreativitas, yaitu kelancaran ide, keluwesan, keaslian, dan keuletan. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas model Kemmis dan McTaggart dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui penerapan teknik cap pelepah pisang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dokumentasi, dan penilaian kinerja, dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata kreativitas siswa dari 72,71 pada tahap pratindakan, menjadi 76,98 pada siklus I, dan meningkat signifikan menjadi 86,07 pada siklus II. Peningkatan terjadi pada seluruh indikator kreativitas yang diukur. Temuan ini membuktikan bahwa teknik cap pelepah pisang merupakan metode yang efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni rupa terapan di sekolah dasar.
Kata Kunci: kreativitas, seni rupa terapan, cap pelepah pisang
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riva Rahmawati, Agus Ahmad Wakih, Riza Fatimah Zahrah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.