Penggunaan model pembelajaran pengambilan keputusan rasional untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan siswa sekolah dasar kelas V

Authors

  • Zahra Diva Shafira IKIP Siliwangi
  • Galih Dani Septian Rahayu IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i4.27564

Abstract

Rendahnya pengambilan keputusan pada siswa sekolah dasar yang di sebabkan oleh pembelajaran yang masih tidak menggunakan model bervariatif, sehingga siswa kurang mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan pengambilan keputusan menjadi latar belakang penelitian ini. Guna menyelesaikan permasalahan tersebut, diterapkan model pembelajaran pengambilan keputusan rasional. Tujuan dari dilakukannya penelitian yaitu untuk mengamati peningkatan kemampuan pengambilan  keputusan siswa, efektivitas model pengambilan keputusan rasional, serta respon aktif yang ditunjukkan oleh guru dan peserta didik selama kegiatan pembelajran berlangsung. Mixed method merupakan metode yang digunakan di dalam penelitian ini dengan desain Sequential Explanatory Design. Subjek penelitian adalah 35 siswa kelas V sekolah dasar. Instrumen yang digunakan meliputi tes penambilan keputusan,wawancara dan pengambilan angket. Melalui penelitian ini didapatkan hasil mengindikasikan adanya peningkatan kemampuan pengambilan keputusan siswa,  yang ditunjukkan oleh kenaikan skor posttest dibandingkan dengan pretest. Selain itu, adapun respon yang positif dari para siswa pada model pengambilan keputusan rasional, terlihat dari antusiasme mereka dalam mengikuti kegiatan belajar serta kemudahan pada saat memahami materi. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pengambilan keputusan rasional berhasil meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan siswa kelas V SD sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.

Downloads

Published

2025-07-29

Issue

Section

Articles