Pengaruh model pembelajaran student teams achievement division terhadap sikap toleransi siswa kelas IV di SDN Malang

Authors

  • Yesica Mediana Puspita Matheos Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Yulianti Yulianti Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Romia Hari Susanti Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i4.27783

Abstract

Maraknya kasus Intoleransi yang masih kerap terjadi khususnya dilingkungan sekolah, sehingga diperlukan alternatif solusi untuk mengurangi perilaku intoleransi disekolah. Dengan demikian, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap sikap toleransi siswa kelas IV di SD Negeri Sukun 2 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu) yang merupakan jenis pendekatan yang tidak dipilih secara random (acak). Desain penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Design yaitu desain penelitian yang memberikan perlakuan terhadap kelompok eksperimen dan menyediakan kelompok kontrol sebagai pembanding yang tidak mendapatkan perlakuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan angket (Kuesioner). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu menggunakan Angket (Kuesioner) dengan skala likert atau skala empat yang telah di uji validitas dan reliablitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau tidak, kemudian menggunakan uji homogenitas dengan tujuan untuk mengetahui populasi dalam penelitian sama atau tidak dan yang terakhir yaitu uji hipotesis atau uji statistik dengan menggunakan uji-t tujuannya untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan antara rata-rata dua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap sikap toleransi pada kelompok eksperimen yang menggunakan model Student Teams Achievement Division dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian, model Student Teams Achievement Division direkomendasikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran yang dapat membantu menumbuhkan sikap toleransi siswa di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-07-29

Issue

Section

Articles