Penerapan metode pembelajaran make a match untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika materi pecahan kelas IV SD Negeri 1 Penambongan

Authors

  • Mikana Rahayu Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Hari Pratik Yuwono Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v8i4.28502

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pecahan dengan penerapan metode pembelajaran make a match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Penambongan yang berjumlah 30 siswa. Terdiri dari 13 siswa Perempuan dan 17 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan tes, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Hal tersebut dibuktikan dengan kegiatan menemukan pasangan kartu yang tepat siswa lebih aktif, bekerja sama, dan membangun pemahaman secara mandiri atau kelompok, sehingga proses belajar menjadi lebih dinamis dan menyenangkan. Terbukti bahwa prestasi belajar siswa dari hasil evaluasi siklus I dengan jumlah sebesar 1845 dengan rata-rata 61,5 dan nilai persentase pada siklus I sebesar 43,3%. Mengalami peningkatan pada siklus II diperoleh dengan jumlah keseluruhan sebesar 2510. Dengan nilai rata-rata kelas sebesar 83,15 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 83,3 % termasuk dalam kriteria sangat baik.

Downloads

Published

2025-07-29

Issue

Section

Articles