Analisis pola belajar mahasiswa: studi kualitatif berbasis wawancara
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i4.29382Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola belajar mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melalui pendekatan kualitatif berbasis wawancara mendalam. Partisipan penelitian berjumlah 15 mahasiswa PGSD yang telah menempuh mata kuliah teori belajar dan pembelajaran, sehingga data yang diperoleh merepresentasikan perspektif komprehensif mengenai strategi belajar mereka. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur yang berfokus pada pengalaman belajar, strategi yang digunakan, serta faktor-faktor yang memengaruhi proses pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis tematik, yang mengidentifikasi tema-tema utama terkait penerapan teori belajar (termasuk behavioristik dan kognitif) dalam praktik belajar calon guru sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi pola belajar yang dipengaruhi oleh pemahaman mahasiswa terhadap teori belajar, gaya belajar pribadi, serta lingkungan belajar yang mendukung. Temuan ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana calon guru SD membangun dan mengelola proses pembelajaran mereka, serta implikasinya terhadap pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan mereka sebagai calon pendidik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan di perguruan tinggi, khususnya dalam konteks pembelajaran mata kuliah teori belajar dan pembelajaran bagi program studi PGSD.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shelly Morin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.