PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Sdn 157 Sukaraja Kota Bandung)

Authors

  • Winda Winarti IKIP SILIWANGI
  • Isna Haerani
  • Agni Muftianti

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v2i1.3085

Abstract

Latar belakang observasi ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran matematika. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa, perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui sikap belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.

Observasi ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan desain observasi Nonequivalent Control Group Design. Kemampuan berpikir kritis siswa diuji dengan menggunakan t-test independent sampel menghasilkan skor rerata thitung (2,871) > ttabel (1,993). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa diuji dengan menggunakan independent sampel t test menghasilkan skor rerata thitung (2,799) > ttabel (1,993).

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ini lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu, dengan menggunakan Problem Base Learning terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Berdasarkan rekapitulasi lembar observasi siswa bisa disimpulkan bahwa sikap belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih aktif dan antusias dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, serta lebih efektif dalam pembelajaran.

 

 

References

KementrianPendidikandanKebudayaan.(2013). Kompetensi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Iftidaiyyah (MI).[Online].Tersedia: http://www.slideshare.net/.../kurikulum-2013-kompetensi-dasar-sd-ver-3-3-2013.pdf. ( 03Mei 2019)

Abdullah, R. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Ruseffendi.(1993). StatistikaDasaruntukObservasiPendidikan. Bandung: DepartemenPendidikandanKebudayaanDirektoratJendralPendidikanTinggi

BNSP (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Jakarta : BNSP Depdiknas.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematika Siswa SD. Tesis PPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Gulo, S. F. (2009). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP dalam Matematika Melalui Pendekatan Advokasi. Tesis PPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Harsanto, R. (2005). Melatih Anak Berpikir Analisis, Kritis dan Kreatif. Jakarta: PT. Grasindo.

IKIP PGRI Bojonegoro. (2013). Program Komputer “IKIP PGRI Bojonegoroâ€. Bab 7 Menghitung Normalitas dan Homogenitas dengan Excel. [Online]. Tersedia: creasi-blogger.googlecode.com/…/BAB%20VII%20(NORM… pdf. [5 Januari 2015]

Rahayu, P. (2012). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika.

Rahmatudin, J. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Selft Concept Siswa SDNegeri 1 Kedawung. Tesis pada SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Rusmono, (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sudjana, N. 2005.Model Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyanto.(2010). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tri E. A. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Terdapat:http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1602/1/101621-EKA%20TRIYUNINGSIH-FITK.pdf. [15 Desember 2014]

Wahyuningsih, H. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Pembelajaran Pohon Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Tersedia: http://lib.unnes.ac.id/17435/1/4101406042.pdf. [14 Januari 2015]

Downloads

Published

2019-08-13

Issue

Section

Articles