PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Authors

  • Yennie Hestiningsih IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v2i2.3139

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa melalui model STAD dan PBL dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, sehingga suasana belajar menjadi tidak aktif dan pemahaman yang relatif kurang. Perlu adanya alternatif model pembelajaran salah satunya penerapan model kooperatif tipe STAD dan PBL. Penelitian ini menggunakan metode Kuasi Eksperimen dengan menggunakan sistem kelas eksperimen dan kelas kontrol, pre test, tindakan, dan pos test. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui pemahaman siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD dapat lebih meningkatkan pemahaman siswa dalam aktivitas belajar daripada penggunaan model PBL. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan pretes dari tahap I sampai tahap IV. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran STAD sangat menunjang terhadap peningkatan aktivitas dan pemahaman siswa di sekolah dasar.  Dengan demikian, penggunaan model STAD dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS.

 

Kata kunci: Pemahaman, STAD, PBL

 

Downloads

Published

2019-08-13

Issue

Section

Articles