PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SD KELAS V

Authors

  • Cucu Pusvita Kartikasari IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v2i3.3155

Abstract

Penelitian dilakukan di SDN 254 Griba Antapani, pada siswa dari dua kelas yang memiliki kemampuan setara dengan pendekatan pembelajaran berbeda. Kelompok pertama (eksperimen) diberikan pembelajaran koperatif tipe Jigsaw. Sedangkan kelompok kedua (control) dengan pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran koperatif tipe Jigsaw dan mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematika dengan siswa yang menggunakan pembelajaran problem based learning.  Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest – posttest control group . partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 254 Griba Antapani dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas sebanyak 30 orang. Instrument dalam penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 butir, untuk mendapatkan data kemampuan pemahaman matematika siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan dilakukan sebanyak 8 kali pada masing-masing kelas. Hasil analisis data diperoleh : (1) rata-rata peningkatan  kemampuan pemahaman matematika siswa di kelas eksperimen sebesar 0,61 dan termasuk klasifikasi sedang. Rata-rata peningkatan kemampuan perubahan matematika siswa pada kelas control sebesar 0,41 dan termasuk klasifikasi sedang. (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran problem based learning (PBL).

Kata kunci : koperatif tipe Jigsaw, pemahaman matematika

Downloads

Published

2019-10-10

Issue

Section

Articles