Hasil Belajar IPA, Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen
Abstract
Penulis melaksanakan peneletian ini agar dapat melihat apakah ada pengaruh penggunaan metode eksperimen dan dengan metode pembelajaran biasa terhadap peningkatan kemampuan belajar IPA peserta didik sekolah dasar . adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen, dimana subjek penelitian terdapat dua peserta didik kelas III disalah satu SD Negeri dikabupaten Karawang dimana terdapat 30 siswa/siswi kelas kontrol mengikuti pembelajaran biasa dan 30 siswa/siswi kelas eksperimen mengikuti pembelajaran dengan metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah seperangkat soal tes berbentuk pilihan ganda, yang terdapat dalam 30 soal yang sudah disusun menurut indikator yang telah disesuaikan dengan kurikulum yang kemudian diberikan dengan empat pilihan jawaban (A,B,C & D) dengan materi ajar yaitu sumber energi dan perubahannya. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat diambil kesimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas III. dan pembelajaran yang menggunakan metode eksperimen ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran berlangsung dengan baik