MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS III MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA HANDS ON PADA MATERI BANGUN DATAR

Authors

  • Evie Fitria Soefianti Ikip Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v2i4.3326

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang masih rendahnya pemahaman matematis murid dalam pelajaran matematika terutama pada materi bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan pemahaman matematis murid pada materi bangun datar.  Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuasi eksperimen. Subjek dalam penelitian adalah 30 murid kelas III-A yaitu kelompok eksperimen dan 30 murid kelas III-B kelompok kontrol di SD Negeri Ciwaru Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Instrumen yang dipakai adalah tes tentang pemahaman matematis murid, tes tersebut dilakukan untuk mengumpulkan dan mengetahui pemahaman matematis murid di awal dan di akhir pembelajaran. Perlakuan yang disampaikan di kelas eksperimen adalah memakai model CTL berbantuan media hands on, adapun kelompok kontrol mendapat pembelajaran konvensional. Dengan taraf signifikansi a = 0,05 hasil penelitian menunjukkan pembelajaran matematika pada materi bangun datar dengan memakai model CTL berbantuan media hands on bisa meningkatkan kemampuan pemahaman matematis murid secara signifikan daripada murid yang melakukan pembelajaran secara konvensional.

Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), pemahaman matemais, media hands on.

References

Alan, U. F. dan Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectualy repetition dan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1): 2549-1040.

Arkunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, T. P. (2013). Perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran snowball throwing dengan yang mendapatkan model pembelajaran numbered heads together (nht). Skripsi. Garut: Tidak diterbitkan.

Kartono. (2010). Hands on pada pembelajaran geometri sekolah sebagai asesmen kinerja siswa. Jurnal Kreano Vol 1, No 1. Hal 21-32.

Kelana, J.B. (2016). Skripsi di UPI. Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Siswa Kelas V Sekolah Dasar pada Materi Sifat-sifat cahaya. Bandung: Tidak diterbitkan.

Kholiq, A. (2017). Model Project Based Learning dengan Hands on activity berbantuan media wayang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa smk. Jurnal Unnes Vol.6, No.2, hal. 206-216.

Nurhadi. (2002). Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and learning). Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen.

Sanjaya, W. (2014). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Masykur dan Fathani, H. A. (2009). Mathematical Intelligence Cara Cerdas Melatih Otak dan menanggulangi kesulitan belajar. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2019-11-22

Issue

Section

Articles