efektivitas metode survey, question, read, recite and review (SQ3R) dan metode PJBL dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahamansiswa kelas IV SDN 1 Sudimampir Padalarang TA 2018-2019

Authors

  • siska anjani

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v2i5.3352

Keywords:

keterampilan membaca pemahaman, metode SQ3R, Project Base Learning.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan membaca pemahaman pada siswa. Padahal kemampuan membaca yaitu salah satu kunci utama keberhasilan pada tahap berikutnya. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian dengan cara pembelajaran SQ3R dan Project Base Learning.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui metode pembelajaran SQ3R dan Project Base Learning. Metode observasi yang dipakai adalah kuasi eksperimen dengan desain pretes dan postes. Populasi dalam riset ini adalah semua peserta didik tingkat IV di SDN I Sudimampir Padalarang, Sampel yang dipilih yaitu tingkat IV A sebagai grup kontrol memakai metode konvensional juga kelas IV B sebagai kelas percobaan memakai metode SQ3R dan Project Base Learning dengan total 60 orang siswa. Data nilai pretes, postes, dan N-Gain dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan tes perbedaan dua rata-rata menggunakan SPSS 23. Hasil telaah data skor rata-rata hasil postes kelas percobaan sebesar 14,83 dan rata-rata hasil postes kelas kontrol yaitu 12,23 sehingga selisih yang didapat dari skor rata-rata hasil pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sebesar 2,6 data tersebut menunjukan bahwa skor rata-rata kelas percobaan lebih besar daripada grup kontrol. yang artinya bahwa kelas eksperimen memiliki peningkatan kemahiran membaca pemahaman yang lebih baik dari pada grup kontrol.

Kata Kunci: keterampilan membaca pemahaman, metode SQ3R, Project Base Learning.

Downloads

Published

2019-11-22

Issue

Section

Articles