MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERCAKAPAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS II

Authors

  • liswara liswara IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v2i5.3357

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengukur keefektifan metode examples non examples dalam menulis teks percakapan siswa kelas II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data penelitian adalah tes, observasi, dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini ialah 60 siswa kelas II yang terdiri dari 40 orang perempuan dan 20 orang laki-laki. Berdasarkan hasil karya siswa berupa tulisan teks percakapan, dari hasil prates dan pascates terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil nilai tersebut menunjukan adanya peningkatan nilai prates dan nilai pascates. Hal ini terbukti dari hasil analisis data dari 71.27 menjadi 83.60. Hal ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran menulis teks percakapan setelah menggunakan metode examples non examples berkatagori baik. Selain dilihat dari peningkatan nilai rata-rata nilai prates dan pascates peneliti juga mendapatkan hasil uji hipotesis bahwa nilai t hitung 5.1 sedangkan t tabel 1.711. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan data normal maka dapat ditarik simpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan menulis teks percakapan siswa sebelum menggunakan metode examples non examples dengan setelah siswa menggunakan metode examples non examples. Dengan demikian, metode examples non examples dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis teks percakapan siswa kelas II di salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung.

Kata Kunci: examples non examples, menulis, percakapan, sekolah dasar.

References

Albarqi, R.A. (2019). Pengaruh metode multisensori bermedia gamifikasi terhadap kemampuan menulis permulaan anak dysleksia. Jurnal Pendidikan Khusus, 2-17.

Bordens, K.S. & Abbot, B. (2013). Research design and methods a process approach. New York: Mc Graw Hill Education.

Brown, D. (2008). Prinsip Pembelajaran & Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Heriawan, A., dkk. (2012). Metodologi pembelajaran kajian teoritis praktis. Banten: LP3G.

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2011). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Langi, A., dkk. (2011). Peningkatan kemampuan membaca dan menulis dengan menggunakan kartu huruf di kelas I SDN 2 Wombo. Jurnal Kreatif Tadulako, 4 (8).

Marpid, I.I. (2015). Peningkatan keterampilan menulis narasi dengan penggunaan metode examples non examples siswa SDN Kampung Bambu III Kabupaten Tangerang. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rahayu, S. (2018). Peningkatan kemampuan menulis puisi sederhana berdasarkan gambar dalam pembelajaran tematik bahasa indonesia melalui model pembelajaran examples-non examples pada kelas II SD Negeri 3 Linggasari Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Jurnal PANCAR, 2 (1), 1-8.

Tarigan, H.G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Santoso, S. (2015). SPSS pengolah data statistik di era informasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. (2005). Psikologi eksperimen. Jakarta. PT Indeks.

Suastika, N. (2018). Problematika pembelajaran membaca dan menulis permulaan di sekolah dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3 (1), 57-64.

Suprijono, A. (2013). Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zaidan, A.B, dkk. (2007). Kamus istilah sastra. Jakarta: Balai Pustaka.

Downloads

Published

2019-11-22

Issue

Section

Articles