MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPS MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK KELAS V SD

Authors

  • Apip Solihhudin IKIP Siliwangi
  • Ida Nur Laili Fajar PGSD
  • Galih Dani Septiyan Rahayu PGSD

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v2i5.3360

Abstract

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam konsep IPS mengenai materi Perjuangan Bangsa Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan dengan menggunakan   model  pembelajaran  Project Based Learning, jenis penelitian  yang digunakan adalah  jenis penelitian quasi  eksperimen atau eksperimen semu . Sampel dalam penelitian ini  siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas, yaitu   kelas VA sebagai  kelas eksperimen dengan jumlah  siswa 31 siswa dan kelas VB yang merupakan kelas kontrol  yang terdiri dari 31 siswa. Siswa kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PjBl (Project Based Learning), sedangkan siswa kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest, posttest dan treatmeant (Perlakuan) Berdasarkan hasil penelitian melalui serangkaian perhitungan secara statistik dengan melakukan Uji Normalitas, Uji Homogenitas , Uji-t dan Uji N-Gain  dengan bantuan  aplikasi SPSS 23.0 , Microsoft Excel terdapat peningkatan pemahaman Konsep IPS pada materi Perjuangan Bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan di  Kelas VA SDN Cipagalo 03 Desa Cipagalo Kabupaten Bandung. 

 

Kata kunci: Tingkat Pemahaman , PjBL, PBL, Perjuangan Bangsa.

References

Arikunto, S(1999). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta: Rineka

Arikunto, S .(2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendididkan. Jakarta:Bumi Aksara

Arikunto,S.(2012). Teknik Penyusunan Instrumen Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Arikunto,S. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Belajar

Jihad,Asep dan Haris, Abdul. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Wardoyo,E.P. ( 2012). Teknik Penyusunan Instrumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hasan Hamid, S. (2004). Pendidikan Ilmu Sosial.Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendididkan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Hosnan,(2014), Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam pembelajaran abad XXI

Ghalia Indonesia

Huda, M. et.al. (2015).Model-model pengajaran dan pembelajaran.isu-isu Metodis dan Paradigmatis,Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Murfiah, Uum. (2017). Pembelajaran Terpadu (teori dan Praktek Terbaik di Sekolah) ,Bandung,Aditama.

Sudjana.N (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sani, A Ridwan.(2014), Pembelajaran Saintifikuntuk Implementasi kurikulum 2013

Subino dalam Sunardi, (2003). Bimbingan Skripsi Analisi Dan Penelitian. Bandung: Abu Yapari.

Sudjana. N (1996). Metode Statistika. Bandung. PT. Tarsito

Sudjana. N (1992). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru

Sugiyono, (2009).Statitiska Untuk Penelitian.Bandung: Alfabet

Sugiyono, (2013). Metodoogi Pendididkan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung CV. Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto,S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Russeffendi, E.T. (1993).Statistika Dasar untuk Penelitian, Bandung: Departemen Pendididkan dan Kebudayaan

Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran Jakarta: Grasindo

Nurkancana,Wayan(1983). Evaluasi Pendididkan ,P.P.N Surabaya: Usaha Nasional

Hake, R, R. (1999).Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.

Sudarman ( 2007: 70) Pengantar Penelitian dalam Pendidikan : YogyakartaPustaka Belajar

Downloads

Published

2019-11-22

Issue

Section

Articles