MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPS MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v2i5.3360Abstract
Abstrak
Â
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam konsep IPS mengenai materi Perjuangan Bangsa Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan dengan menggunakan  model pembelajaran Project Based Learning, jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu . Sampel dalam penelitian ini siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas, yaitu  kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 siswa dan kelas VB yang merupakan kelas kontrol yang terdiri dari 31 siswa. Siswa kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PjBl (Project Based Learning), sedangkan siswa kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest, posttest dan treatmeant (Perlakuan) Berdasarkan hasil penelitian melalui serangkaian perhitungan secara statistik dengan melakukan Uji Normalitas, Uji Homogenitas , Uji-t dan Uji N-Gain dengan bantuan aplikasi SPSS 23.0 , Microsoft Excel terdapat peningkatan pemahaman Konsep IPS pada materi Perjuangan Bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan di Kelas VA SDN Cipagalo 03 Desa Cipagalo Kabupaten Bandung.Â
Â
Kata kunci: Tingkat Pemahaman , PjBL, PBL, Perjuangan Bangsa.
References
Arikunto, S(1999). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta: Rineka
Arikunto, S .(2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendididkan. Jakarta:Bumi Aksara
Arikunto,S.(2012). Teknik Penyusunan Instrumen Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Arikunto,S. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Belajar
Jihad,Asep dan Haris, Abdul. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Wardoyo,E.P. ( 2012). Teknik Penyusunan Instrumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hasan Hamid, S. (2004). Pendidikan Ilmu Sosial.Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendididkan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.
Hosnan,(2014), Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam pembelajaran abad XXI
Ghalia Indonesia
Huda, M. et.al. (2015).Model-model pengajaran dan pembelajaran.isu-isu Metodis dan Paradigmatis,Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Murfiah, Uum. (2017). Pembelajaran Terpadu (teori dan Praktek Terbaik di Sekolah) ,Bandung,Aditama.
Sudjana.N (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sani, A Ridwan.(2014), Pembelajaran Saintifikuntuk Implementasi kurikulum 2013
Subino dalam Sunardi, (2003). Bimbingan Skripsi Analisi Dan Penelitian. Bandung: Abu Yapari.
Sudjana. N (1996). Metode Statistika. Bandung. PT. Tarsito
Sudjana. N (1992). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru
Sugiyono, (2009).Statitiska Untuk Penelitian.Bandung: Alfabet
Sugiyono, (2013). Metodoogi Pendididkan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung CV. Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Arikunto,S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Russeffendi, E.T. (1993).Statistika Dasar untuk Penelitian, Bandung: Departemen Pendididkan dan Kebudayaan
Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran Jakarta: Grasindo
Nurkancana,Wayan(1983). Evaluasi Pendididkan ,P.P.N Surabaya: Usaha Nasional
Hake, R, R. (1999).Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.
Sudarman ( 2007: 70) Pengantar Penelitian dalam Pendidikan : YogyakartaPustaka Belajar