Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning

Authors

  • Synthia Dewi IKIP Siliwangi
  • Jajang Bayu Kelana IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v2i6.3401

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif, model Contextual Teaching and Learning

Abstract

Penelitian ini disusun yang didasari oleh kurangnya pemahaman murid terhadap apa yang dipelajari dengan mempraktikkan sendiri materi pelajaran yang didapatnya agar lebih bermakna. Tujuan riset ilmiah ini adalah untuk menelaah peningkatan kemampuan berpikir kreatif murid SD kelas IV menggunakan model contextual teaching and learning pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan pada riset ilmiah ini adalah metode eksperimen. Populasi pada riset ini adalah murid kelas IV di salah satu Sekolah Dasar Kota Cimahi. Sampel yang dipakai adalah murid kelas IV B untuk kelas percobaan dan kelas IV D untuk kelas kontrol sebagai objek penelitian, jumlah murid dari masing-masing kelas terdiri atas 30 murid. Instrumen peneltian yang digunakan adalah lembar soal tes uraian untuk masing-masing kelas. Hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan program SPSS for windows, hasil dari pengujian penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model contextual teaching and learning memiliki perbedaan lebih tinggi, dibandingkan dengan murid yang menggunakan model konvensional secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif IPA murid. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan terhadap perbedaan kemampuan berpikir kreatif IPA murid dengan menggunakan model contextual teaching and learning dengan model konvensional. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada pendidik untuk menggunakan model contextual teaching and learning sebagai salah satu pilihan model pada mata pelajaran IPA, khususnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif murid.
Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif, model contextual teaching and learning

Downloads

Published

2019-11-22

Issue

Section

Articles