PEMBIMBINGAN POLA KOSAKO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN PENILAIAN DI SEKOLAH BINAAN

Authors

  • Heruman Heruman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v2i3.3506

Keywords:

Kosako, Kemampuan menyusun Penilaian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun Penilaian di Sekolah Binaan Kecamatan Pameungpeuk dengan menggunakan pembimbingan pola  Kelompok Silang Antar Kelompok (Kosako) untuk mengetahui kemampuan guru menyusun kisi-kisi soal dengan pembimbingan Pola Kosako   dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Penilaian di Sekolah Binaan, untuk mengetahui kemampuan guru menyusun master soal dengan pembimbingan Pola Kosako   dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Penilaian di Sekolah Binaan, dan untuk mengetahui kemampuan guru dalam menelaah soal dengan pembimbingan Pola Kosako   dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Penilaian di Sekolah Binaan. Populasi penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar di Gugus Rancatungku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian Tindakan Sekolah ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus pertama pada pembinaan menyusun soal Penilaian Tengah Semester (PTS) dan siklus kedua pada pembinaan menyusun soal Penilaian Akhir Semester (PAS). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrumen penelaahan kisi-kisi dan instrument penelaahan soal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1)Penyusunan kisi-kisi soal, yaitu Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan bimbingan pengawas melalui pembimbingan pola Kosako ternyata dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun kisi-kisi soal. (2) Penyusunan kisi-kisi soal yaitu Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan bimbingan pengawas melalui kegiatan pembimbingan pola Kosako guru secara individual dan kelompok dapat dalam menyusun soal dengan menggunakan kaidah-kaidah penyusunan soal. (3)Penyusunan kisi-kisi soal yaitu Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan bimbingan pengawas melalui kegiatan pembimbingan pola Kosako guru secara individual dan kelompok dapat dalam melakukan penelaahan soal

 

 

References

Direktorat Pembinaan TK dan SD (2007), Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar, Jakarta, Depdiknas

Direktorat Tenaga Kependidikan (2010) Penelitian Tindakan Kelas Materi Pelatihan Kemampuan Kepala Sekolah. Jakarta. PMPTK Kementrian Pendidikan Nasional.

Jalal, F. (2006). Peran Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta; Dirjen LMPTK Depdiknas.

Kusnandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi. Jakarta. Rajawali Pers

Meleong, L. J. (2000). Metodoligi Penelitian Kualitatif. Bandung; Rosda Karya.

Sudjana, H, (2009), Kompetensi Pengawas Sekolah Dimensi dan Indikator, Jakarta, Binamitra Publishing.

Sudjana, H, (2009), Penelitian Tindakan Kepengawasan Konsep dan Aplikasi bagi Pengawas Sekolah, Jakarta, Binamitra Publishing.

Nasution, S. (1988). Metodologi Penelitian Kualitatif/ Naturalistik. Bandung; Tarsito.

Sukmadinata, N.S (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; PPS UPI dan Remaja Rosda Karya.

…………….. (2005). Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta; Sekertariat Negara RI

Wardani, IGK dkk(2006) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2019-10-10

Issue

Section

Articles