ANALISA KEKELIRUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL PENJUMLAHAN RATUSAN PADA SISWA KELAS II SD DI KAPUPATEN BANDUNG BARAT

Erista Hema Violina(1*), Dian Rostiawati(2), Sukma Murni(3)

(1) IKIP SILIWANGI CIMAHI FIP PGSD
(2) IKIP SILIWANGI CIMAHI FIP PGSD
(3) IKIP SILIWANGI CIMAHI FIP PGSD
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kekeliruan yang dikerjakan siswa serta menganalisa unsur-unsur penyebab kekeliruan siswa dalam memecahkan soal materi penjumlahan ratusan. Cara yang diterapkan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertempat di SDN Angsanamekar kelas II Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas II SD/MI sederajat di Kabupaten Bandung Barat yang sudah mempelajari materi penjumlahan ratusan. Subjek penelitian yaitu semua siswa kelas II B di SDN Angsanamekar. Teknik pengumpulan data dengan menerapkan cara percobaan dan wawancara. Langkah-langkah analisa mencakup reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Menurut hasil analisa data bisa disimpulkan bahwa dalam memecahkan soal penjumlahan ratusan mengerjakan kekeliruan : (1) kekeliruan penerjemahan, (2) kekeliruan hitung, (3) kekeliruan taktik. Unsur penyebabnya yaitu kecakapan membaca siswa masih rendah, siswa tergesa-gesa dalam menjalankan soal, dan siswa tak fokus dalam menjalankan soal.


Keywords


Kekeliruan, Penjumlahan Ratusan

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B & Zain. (Belum Diperbaharui). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eva, W. M. (2011). Analisis Kesalahan Siswa di Kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Kanisius Pakem dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Topik Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Hanipa, A & Sari, V.T.A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variable pada Siswa Kelas VIII MTS di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education, Volume 01, No. 2, Februari 2018, Hal. 15-22.

Ina, Dkk. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Luas Permukaan Balok di Kelas VIII F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya Volume 2, No. 1, Juli 2017, Hal. 22-31.

Lestari, R.A. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Produktive Dispottuin dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMA. Skripsi UNPAS. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Manibuy, R. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solo pada Kelas X SMA Negeri Plus di Kabupaten Nabire-Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2, (9), 933-945.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2016). Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika Stkip Garut, 8, (1): 31-40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats