PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV

Luhanda Dharmayanti(1*)

(1) SDN 1 Sabang 037 Sabang
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Dalam penelitian ini, indikator yang mengukur pemahaman konsep matematis siswa berupa kemampuan menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek menurut sifat tertentu, memberikan contoh dan non-contoh dari konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep, menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Siswa aktif dalam mengkonstruksi atau menemukan pengetahuannya, sedangkan guru aktif menyediakan dan memfasilitasi siswa, serta aktif dalam mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran. meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SD di kelas IV dengan menggunakan pembelajaran kontekstual lebih baik dan menyenangkan daripada metode pembelajaran konvensional. diperoleh hasil uji homogenitas memiliki sig. senilai 0,049 lebih kecil nilainya dari α = 0,05, maka kondisi ini menunjukkan Ho tidak diterima, terdapat perbedaan variansi tes antara kedua sampel. Maka penulis tidak melanjutkan ke uji perbedaan rata-rata tetapi ke uji Mann-Whitney. Berdasarkan uji Mann-Whitney, didapatkan Asymp. Sig 0,02. Mengacu kepada dasar pengambilan keputusan Uji Mann-Whitney, maka diterima karena nilai sig < 0,05. Berdasarkan analisis data kelas kontrol dan kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa pembelajaran konvesional tidak dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi menghitung bangun datar secara signifikan.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Pemahaman Konsep Matematis.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2008). Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Pedoman khusus pengembangan sistem penilaian berbasis kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Fraenkel dan Wallen. (2006). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw Hill.

Hamdayama, J. (2014). Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Handayani, Hani. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. [Online]. Diakses dari http://jurnal.stkipsubang.ac.id

Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama

Lestari & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Muchith, Saekhan. (2008). Pembelajaran Kontekstual. Semarang: RaSAIL Media Grup.

Mugara, Ronny. (2009). Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Pembelajaran Agama Islam (PAI) di SMA Laboratorium Percontohan-UPI. Universitas Pendidikan Indonesia kampus Bumi Siliwangi, Bandumg.

Rosalin, E. (2008). Gagasan merancang pembelajaran kontekstual. Bandung: Karsa Mandiri Persada.

Ruseffendi. H.E.T. (2005). Dasar-dasar Penelitian dan Bidang Non-eksata Lainnya. Bandung:Tarsito.

Sagala, S. (2008). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sariningsih, Ratna. (2014) Pendekatan Kontesktual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis siswa SMP. [Online]. Diakses dari http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity

Soedjadi. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Susetyowati, E. (2005). Teknologi pembelajaran matematika. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.

Suwangsih, dan Tiurlina (2006). Model pembelajaran matematika. Bandung: UPI PRESS.

Uno, H. B. dan Koni, S. (2012). Assessment pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats