PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KOTAK DAN KARTU MISTERIUS (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V

Authors

  • Dewi Yuliani

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i2.3654

Keywords:

Media Permaianan KOKAMI, Motivasi Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan media permainan Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) dengan siswa yang tidak menggunakan media permainan KOKAMI/ pembelajaran konvemsional.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan dua kelompok siswa yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 76 siswa. 39 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan 37 siswa sebagai kelompok kontrol yaitu kelompok yang tanpa menggunakan KOKAMI. Instrument yang digunakan angket dan pedoman observasi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket awal dan akhir pembelajaran serta pengamatan langsung sebelum dan saat pembelajaran . Analisis data dengan menggunakan uji – t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan motivasi siswa yang menggunakan media permainan Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) dengan siswa yang tidak menggunakan media permainan KOKAMI, ditunjukkan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung angket 6,54; t hitung observasi 3,96 dan t tabel 1,99. t hitung lebih besar dari t tabel sehingga Ho dalam penelitian ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan skor motivasi belajar siswa yang menggunakan media permainan KOKAMI dengan motivasi siswa yang tanpa menggunakan KOKAMI dalam pembelajaran matematika

Downloads

Published

2020-03-31

Issue

Section

Articles