Metode Bermain Peran dalam Penerpan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

Authors

  • Irna Siskatrin Suhaylide Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Silliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i2.3656

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa kelas 5 sekolah dasar dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran metode bermain peran dalam penerapan keterampilan berbicara pada siswa kelas 5 di sekolah dasar. Keterampilan berbicara berkaitan dengan bahasa lisan. Dalam menerapkan keterampilan berbicara pada siswa, bukanlah hal yang mudah karena ada beberapa kendala yang dihadapi siswa, diantaranya kurangnya percaya diri, sulit mengingat kata, takut salah, demam panggung, serta guru yang lebih mendominasi pembicaraan di dalam kelas. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode bermain peran dalam penerapan keterampilan berbicara. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan melalui buku, jurnal dan artikel. Diharapkan dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Downloads

Published

2020-03-31

Issue

Section

Articles