INTEGRASI PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MEDIA TANGRAM DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v3i2.3929Keywords:
Pembelajaran Tematik, Media Tangram, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi pembelajaran tematik dengan media tangram dalam peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan untuk tahapan-tahapn penelitian adalah (1) tahap persiapan; (2) tahap analisis; (3) tahap pembuatan instrumen; (4) tahap pengukuran.Subjek penelitian adalah siswa kelas I dengan jumlah siswa sebanyak 30 ( laki-laki = 16 dan perempuan = 14). Sedangkan Lokasi penelitian berada di SDN Babatan IV Surabaya. Penelitian ini menggunakan beberapa macam teknik pengumpulan data yaitu observasi dan hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Tahap analisis data tersebut mencakup data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian yang mencakup hasil belajar siswa kelas I SDN Babatan IV Surabaya pada mata pelajaran matematika dengan materi pokok bangun datar dan mata pelajaran IPS dengan materi pokok rumah sehat telah mencapai 83,3%. Nilai tersebut dinyatakan berhasil dan telah melampaui batas persentase ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan yakni 70%.References
Batubara, D. S. (2019). STUDI KASUS TENTANG KREATIVITAS GURU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SD ANAK SALEH MALANG. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1626
Choiroh, M. (2019). Pengaruh Media Tangram Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v2i1.1959
Karli, H. (2016). Penerapan Pembelajaran Tematik SD Di Indonesia. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2752
Nurfaidah, S. S., Lukman Praja, A., Fazriyah, N., & Mamad, A. (2020). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VI SDN 033 ASMI KOTA BANDUNG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. https://doi.org/10.36989/didaktik.v5i2.100
Permata, K. K., WS, R., & Lidinillah, D. A. M. (2017). Media Puzzle Berbasis Tangram dalam Pembelajaran IPS. Indonesian Journal of Primary Education. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7499
Rah, S., & Rahmah, L. (2017). PENGGUNAAN MEDIA TANGRAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI KESEBANGUNAN DI KELAS IX Mts SITI MARIAM BANJARMASIN. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.18592/jpm.v3i1.1183