MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SD MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL BERUPA MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPA

Authors

  • Rohaetul Aen IKIP SILIWANGI FIP PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
  • Uus Kuswendi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i3.4273

Keywords:

Pemahaman Konsep IPA, Media Visual, Pelajaran IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan buat: (1) mengenal penggunaan media visual berupa media gambar pada pelajaran IPA kelas IV SDN Angsanamekar, (2) mengenal media visual berupa media gambar dapat menaikkan pemahaman konsep IPA pada pelajaran IPA. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah PTK yang dijalankan dalam 2 siklus, yakni masing-masing siklus terdiri dari: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini diperbandingkan dengan output yang didapat berdasarkan prasiklus, siklus I, & siklus II berdasarkan segi peningkatan pemahaman konsep IPA siswa pada pembelajaran IPA materi struktur bunga & fungsinya. Materi ini berhubungan menerapkan kondisi alam yang ada disekitar SDN Angsanamekar, tampak menurut kondisi sebelum media visual berupa media gambar atau prasiklus berdasarkan 42 siswa yang memiliki kelompok tinggi 9 siswa, kelompok sedang 23 siswa, & kelompok rendah 10 siswa. Sesudah menerapkan media visual berupa gambar atau siklus II berdasarkan 42 siswa yang memiliki kelompok tinggi 15 siswa, kelompok sedang 22 siswa, & kelompok rendah 5 siswa. Adapun rata-rata pemahaman konsep IPA pada kelas prasiklus 1,71. Sesudah dilaksanakan tindakan II atau siklus II menjadi 1,81. Angka ini menunjukan peningkatan rata-rata pemahaman konsep IPA kelas IV sebelum tindakan dan sesudah tindakan atau prasiklus ke siklus II sebanyak 0,1.

References

Ali, M & Asrori, M. (2009). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di SD. Jakarta: Depdiknas.

Bundu, P (2007). Penilaian Keterampilan Proses dalam Pembelajaran Sains SD. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Herry, A.H, dkk. (2007). Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: Upi Press.

Septriani, N, Dkk. (2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika 3(3):17-21.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Jubaedah, S. (2016). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Struktur Bunga dan Fungsinya. Universitas Terbuka: Tidak Diterbitkan.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiriatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-05-21

Issue

Section

Articles