PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PIDATO PADA SISWA SD KELAS VI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROSES

Authors

  • Muhammad Ilham Sayekti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i4.4297

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran menulis teks pidato pada siswa SD kelas VI dengan menggunakan pendekatan proses. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Sukamaju dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal tentang menulis teks pidato, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran ketika diterapkannya pendekatan proses. Hal tersebut ditunjukan dengan skor rata-rata pada observasi guru sebesar 96, skor rata-rata pada observasi siswa sebesar 95, persentase peningkatan dari nilai pre tetst ke post test sebesar 18,59%, serta persentase skor angket guru sebesar 95%, dan rata-rata persentase skor angket siswa sebesar 92%.

Downloads

Published

2020-07-17

Issue

Section

Articles