PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAPHORICAL THINKING DAN SELF CONFIDENCE MATEMATIK

Authors

  • Tria Septiani

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i4.4321

Abstract

Abstrak

 

Dalam pembelajaran di sekolah Metaphorical Thingking penting untuk siswa SD karena kemampuan tersebut mampu membuat konsep abstrak menjadi konkrit agar pembelajaran dapat lebih dipahami selain itu Self Confidence penting agar siswa mampu mengembangkan kemampuannya dan mampu mandiri melakukan segala hal. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan  desain penelitian pretest-posttest. Serta subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri daerah bandung. Penelitian ini menghasilkan bahwa pendekatan RME berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan Metaphorical thinking dan self confidence siswa SD. Dengan dilihat dari perbandingan nilai tes awal(pretest) dan test akhir(posttest) serta uji statistik yang menunjukan peningkatan nilai pretest yang dihasilkan sangat rendah dan hasil posttest lebih tinggi, maka dari itu menggunakan pendekatan RME dapat meningkatan kemampuan Metaphorical thinking dan self confidence.

Kata Kunci: Pendekatan RME, Kemampuan Metaphorical Thingking, Self Confidence.

Downloads

Published

2020-07-17

Issue

Section

Articles