PENGGUNAANMETODE PEMBELAJARAN REALISTICS MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN SISWA KELAS I SD

Authors

  • Ira Yudistira PGSD IKIP Siliwangi
  • Sylvia Rabbani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i5.4385

Keywords:

RME, Operasi hitung Penjumlahan Pengurangan

Abstract

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di kelas I SD Plus Al Aitaam dapat disimpulkan sebagai berikut ini. (1) Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika mengenai materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Realisics Mathematic Education(RME) dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah. (3) penggunaan metode Realistics Mathematic Education (RME) yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini mempunyai implikasi praktis bahwa jika penggunakan metode Realistics Mathematic Education (RME) dibiasakan dalam pembelajaran matematika di sekolah dapat meningkatkan keaktifan siswa dan berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Penggunaan metode Realistics Mathematic Education (RME)  dalam pembelajaran pada usia sekolah dasar berada pada fase operasional konkret, sangat mendukung terciptanya proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Dengan penggunaan metode Realistics Mathematic Education (RME) pembelajaran akan kebih bermakna, selain itu pembelajaran melatih keaktifan siswa.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti memberikan saran yaitu: (1) guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika dengan materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan sebaiknya menggunakan metode Realistics Mathematic Education (RME), (2) guru berkolaborasi dengan kepala sekolah berupaya menyediakan media pembelajaran sesuai dengan keragaman dan karakteristik masing-masing materi matematika SD, (3) pembelajaran matematika SD sebaiknya diajarkan melalui pendekatan yang sesuai dengan karakteristikanya.

Author Biography

Ira Yudistira, PGSD IKIP Siliwangi

Pendidikan Guru sekolah Dasar

References

Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Gava Media.

Dickinson,P. dkk (2010).Using Realistic Mathematics Educatin With Low To Midle Attaining Pupils In Secondary School. Dalam M.Joubert and P.Andrews (Eds). Procceding Of The British Congress For Mathematics Education, Held at Manchester Metropolitan University Institute of Education,British.

Djaelani. (2008). Matematika Untuk SD/MI Kelas I. Surakarta: PT Pustaka Utama.

Hudoyono, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA.

Mulyanto, R.(2007). Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Pemahaman Operasi Pengurangan Bilangan Bulat Negatif pada Pembelajaran Matematika di SDN Sukalerang I Kabupaten Sumedang. Jurnal Pendidikan Dasar,(8),hlm,1-4.

Ningsih, P.R. (2012). Realistic Mathematic Education (RME) pada Pokok Bahasan Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai di Kelas VII E SMP Ipiems Surabaya. Gamatika,3(2)

Rozanie, I. (2010). Realistic Mathematic Education (RME) atau Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Retrieved from ironerozanie: http:/ironerozanie.wordpress.com/2010/03/03/realistic-mathematic-education-rme-atau-pembelajaran-matematika-realistik-pmr/.(09 Maret 2012)

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Suyono, H. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tarigan, D. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Tidak di publikasikan.

Utomo, b; Suprayitno,I.J; & Suprapto,R. (2018).PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN PENDEKATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 1 JEPARA.In PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL (Vol.1,No.1).

Wijayanti, S. (2016). Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Sebagai upaya peningkatan Kreativitas dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X.7 SMA Negeri I Pulakulon. Magistra.

Downloads

Additional Files

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles