PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA SD KELAS III DENGAN MENERAPKAN MODEL PICTURE AND PICTURE

Authors

  • Bunga Pujianti IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i4.4486

Abstract

Abstrak

 

Penerapan model picture and picture dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Ciampel tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa (laki-laki = 18 dan perempuan = 12). Cara yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tahapan-tahapan penelitian meliputi (1) tahap persiapan; (2) tahap analisis; (3) evaluasi. Adapun pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, pembuatan instrumen, dan pembuatan angket. Langkah-langkah analisa mencakup reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil analisa memperlihatkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi mengalami peningkatan nilai siswa diatas KKM dengan mencapai rata-rata 75,3. Nilai tersebut dinyatakan berhasil dan telah melampaui batas ketuntasan belajar yang telah ditetapkan yakni 65.

 

Kata Kunci: Karangan narasi, Model picture and picture

Downloads

Published

2020-07-17

Issue

Section

Articles