PEMBELAJARAN PENALARAN KELILING BANGUN DATAR PADA SISWA SD KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Authors

  • Ayuningtyas Juliantini Sudrajat IKIP SILIWANGI
  • Sylvia Rabbani IKIP SILIWANGI
  • Rizki Pebriana SDN 266 MENGGER

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i5.4489

Keywords:

Penalaran matematik, Pembelajaran berbasis masalah, keliling bangun datar

Abstract

Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran matematik merupakan salah satu masalah yang menjadi pembahasan pada penelitian ini. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran penalaran keliling bangun datar pada siswa kelas empat menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Metode pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan metode ini peneliti mencoba untuk menggambarkan situasi dan proses pada kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas empat salah satu sekolah dasar Negeri di Kota Cimahi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa siswa kelas empat senang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, selain itu siswa dan guru menunjukan respon yang baik terhadap pembelajaran penalaran keliling bangun datar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, namun masih ditemukan siswa yang menemukan kesulitan dalam memeriksa argumen yang berlaku, melakukan pembuktian secara langsung dan menyusun konjektur pada soal kemampuan penalaran matematik. Dari pembahasan tersebut peneliti menarik kesimpulan bahwa kemampuan penalaran keliling bangun datar pada siswa kelas empat masih tergolong rendah dan perlu diberikan latihan-latihan soal yang rutin agar siswa terbiasa menyelesaikan soal yang sulit.

Author Biographies

Ayuningtyas Juliantini Sudrajat, IKIP SILIWANGI

PGSD-B

Sylvia Rabbani, IKIP SILIWANGI

PGSD-DOSEN

References

Rohaeti, E. E. (2012). Analisis pembelajaran konsep esensial matematika sekolah menengah melalui pendekatan kontekstual socrates. Infinity Journal, 1(2), 186. doi: 10.22460/infinity.v1i2.18

NTCM. (2000). Priciples standards for school mathematics. Retrieved from www.nctm.org

Firdaus, F. M. (2016). Pengaruh Quantum Learning Terhadap Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(2), 89–100. doi: 10.17509/eh.v5i2.2839

Lithner, J. (2017). Principles for designing mathematical tasks that enhance imitative and creative reasoning. ZDM, 49(6), 937–949. doi: 10.1007/s11858-017-0867-3

Sumarmo, U. (2010). Berfikir dan disposisi matematik: apa, mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Retrieved December 27, 2018, from Fpmipa Upi website: http://math.sps.upi.edu/wpcontent/uploads/2010/02/BERFIKIR-DAN-DISPOSISMATEMATIK-SPS-2010.pdf.

Sumarmo, U. (2006). Pembelajaran keterampilan membaca matematika pada siswa sekolah menengah. Makalah Pada Seminar Basional Pendidikan FMIPA UPI, 1–19. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hobri, Susanto, Syaifuddin, M., Maylistiyana, D. E., Hosnan, & Cahyanti, Anggraeny Endah Syahrinawati, K. A. (2018). Senang belajar matematik : buku guru kelas IV. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyana, A., & Sumarmo, U. (2015). Meningkatkan kemampuan penalaran matematik dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah. Didaktik, 9(1), 40–51.

Rohaeti, E. E., Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2019). Pembelajaran inovatif matematika bernuansa pendidikan nilai dan karakter (Anna, Ed.). Bandung: Refika Aditama.

Bestary, R., Moroki, E. S. G., Yunadi, Y. Y., Priyono, S., & Iswoyo, S. (2018). Modul pelatihan kurikulum 2013 (1st ed.). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Brodie, K., Coetzee, K., Lauf, L., Modau, S., Molefe, N., & O’Brien, R. (2010). Teaching mathematical reasoning in secondary school classrooms. In K. Brodie (Ed.), Springer New York Dordrecht Heidelberg London. doi: 10.1007/978-0-387-09742-8

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skill dan soft skill matematik siswa (N. falah Atif, Ed.). Bandung: Refika Aditama.

Sari, L. S. P., & Rahardi, M. (2014). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(September), 151–158.

Downloads

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles