PEMBELAJARAN PENALARAN KELILING BANGUN DATAR PADA SISWA SD KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v3i5.4489Keywords:
Penalaran matematik, Pembelajaran berbasis masalah, keliling bangun datarAbstract
References
Rohaeti, E. E. (2012). Analisis pembelajaran konsep esensial matematika sekolah menengah melalui pendekatan kontekstual socrates. Infinity Journal, 1(2), 186. doi: 10.22460/infinity.v1i2.18
NTCM. (2000). Priciples standards for school mathematics. Retrieved from www.nctm.org
Firdaus, F. M. (2016). Pengaruh Quantum Learning Terhadap Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(2), 89–100. doi: 10.17509/eh.v5i2.2839
Lithner, J. (2017). Principles for designing mathematical tasks that enhance imitative and creative reasoning. ZDM, 49(6), 937–949. doi: 10.1007/s11858-017-0867-3
Sumarmo, U. (2010). Berfikir dan disposisi matematik: apa, mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Retrieved December 27, 2018, from Fpmipa Upi website: http://math.sps.upi.edu/wpcontent/uploads/2010/02/BERFIKIR-DAN-DISPOSISMATEMATIK-SPS-2010.pdf.
Sumarmo, U. (2006). Pembelajaran keterampilan membaca matematika pada siswa sekolah menengah. Makalah Pada Seminar Basional Pendidikan FMIPA UPI, 1–19. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Hobri, Susanto, Syaifuddin, M., Maylistiyana, D. E., Hosnan, & Cahyanti, Anggraeny Endah Syahrinawati, K. A. (2018). Senang belajar matematik : buku guru kelas IV. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mulyana, A., & Sumarmo, U. (2015). Meningkatkan kemampuan penalaran matematik dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah. Didaktik, 9(1), 40–51.
Rohaeti, E. E., Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2019). Pembelajaran inovatif matematika bernuansa pendidikan nilai dan karakter (Anna, Ed.). Bandung: Refika Aditama.
Bestary, R., Moroki, E. S. G., Yunadi, Y. Y., Priyono, S., & Iswoyo, S. (2018). Modul pelatihan kurikulum 2013 (1st ed.). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Brodie, K., Coetzee, K., Lauf, L., Modau, S., Molefe, N., & O’Brien, R. (2010). Teaching mathematical reasoning in secondary school classrooms. In K. Brodie (Ed.), Springer New York Dordrecht Heidelberg London. doi: 10.1007/978-0-387-09742-8
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skill dan soft skill matematik siswa (N. falah Atif, Ed.). Bandung: Refika Aditama.
Sari, L. S. P., & Rahardi, M. (2014). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(September), 151–158.