PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) MELALUI MEDIA HAND PUPPETS GUNA MENANAMKAN NILAI KARAKTER PERDULI SOSIAL DAN MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Medita Ayu Wulandari IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v3i4.4627

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan value clarification technique (VCT) menggunakan media hand puppets guna menanamkan karakter perduli sosial dan keaktifan siswa sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas empat di SD Negeri Cilumping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunnakan model spiral Hopkins dengan bentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, penerapan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode value clarification technique (VCT) melalui media hand pupents pada tema “perduli terhadap mahluk hidup†dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa sebesar 9,6% pada siklus I dan 4,8% pada siklus II, kemudian dapat pulan meningkatkan penanaman karakterperdulisosialsiswa dengan adanya peningkatan sebesar 19% pada siklus I dan 4,8% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pnggunaan metode value clarification technique (VCT) menggunakan media hand puppets guna menanamkan karakter perduli sosial dan keaktifan siswa sekolah dasar.

Kata Kunci: teknik klarifikasi nilai, karakter perduli sosial, keaktifan belajar.

References

Cahyo, E. D. (2017). Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral yang Terjadi pada Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9 (1): 16-26.

Chrisyrani, D. D. (2018). Pengembangan Media Boneka Tangan dengan Metode Bercerita untuk Siswa Kelas V SD N Sudimoro 2 Kabupaten Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2 (1): 57-62, https://doi.org/10.21067/jbpd.v2199

Hanifah, U. (2016). Penerapan Model PAIKEM dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa dalam Pmbelajaran Bahasa Arab. Jurnal At-Tajdid, 5 (2): 301-330.

Hardjito. (2004). Peran guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Progresif. TEKNODIK, VIII (14): 85-108. DOI: 10.32550/teknodik.v8i14.593

Harto, K. (2015). Developing Character Internalization Model in Islamic Education Through Value Clarification Technique. MADANIA, 19 (2): 137-146.

Masyhud, M. S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan.jember. Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Pendidikan.

Maula, R. (2018). Pengaruh Media Hand Puppet Terhadap Keterampilan Menyimak pada Mata Pelajaran bahasa Indonesia. Ibtida’I Volume, 5 (2): 1-9).

Nawawi, A. (2011). Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus. INSANIA, 16 (2): 119-133.

Suryani, N. (2013). Pengembangan Model Intrnalisasi Nilai Karakter dalam pembelajaran Sejarah Melalui Model Valu Clarification Technique. Paramita, 23 (2): 208-219.

Downloads

Published

2020-07-17

Issue

Section

Articles