PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI PADA SISWA KELAS V SD DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R

Linda Charlotte Habibah, Agni Muftianti

Abstract


Pembelajaran keterampilan membaca pemahaman teks narasi merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa kelas V Sekolah Dasar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran metode SQ3R (survey, question, read, recite, review) dalam penerapan pembelajaran keterampilan membaca pemahaman teks narasi pada siswa kelas V di Sekolah Dasar. Secara umum,permasalahan yang terjadi ialah kebanyakan siswa kurang memahami atas apa yang mereka baca, sehingga hasil yang dicapai siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia materi membaca pemahaman teks narasi masih rendah, maka dengan adanya hal tersebut peneliti menggunakan metode SQ3R untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode Deskriptif kualitatif, hal ini supaya peneliti bisa menjelaskan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya materi membaca pemahaman teks narasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di salah satu sekolah swasta Kota Cimahi, yang berjumlah 30 siswa,Terdiri dari 14 siswa Perempuan dan 16 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan pembelajaran, diperoleh hasil peningkatan nilai rata-rata hasil tes keterampilan membaca sebesar 88%  dengan kategori sangat baik.Dapat disimpulkan bahwa, hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan membaca pemahaman teks narasi dengan menggunakan metode SQ3R telah mencapai tujuan penelitian. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.


Full Text:

PDF

References


Latief, H. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Geografi Gea, 14(1), 11–27. https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3358

muftianti, agni. (2018). Penyusunan bahan ajar interaktif berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan kemampuan mengajar keterampilan berbahasa siswa Sekolah Dasar (SD). 5(2), 1–6.

Somadoyo, S. (2011). (2011). Strategi dan Teknik pembelajaran membaca. Strategi Dan Teknik Pembelajaran Membaca, 4, hlm 1.

Suriani, I. (2018). PENGARUH PENERAPAN METODE SQ3R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN WADUKOPA KECEMATAN SOROMANDI KABUPATEN BIMA 1 Skripsi. 1–99.

Suryahadi, B. W., Marsela, G., Aprianingsih, N., Novitasari, & Aulia, R. 2018. (2018). Peningkatan kemampuan membaca siswa menggunakan teks eksplanasi dan pemanfaatnya sebagai materi ajar tingkat SMK 73–264.

Zulaikha, D. (2014). Korelasi kemampuan membaca pemahaman dengan menulis karangan narasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats