PEMBELAJARAN MENULIS SURAT UNDANGAN PADA SISWA SD KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN METODE ESTIGA (STAD, SCRAMBLE DAN PERMAINAN STABILO KALIMAT)

Authors

  • Suminar Suminar Ikip Siliwangi
  • Muhammad Rizal Fauzi Ikip Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i1.4686

Abstract

Berdasarkan pengamatan data awal di kelas 5 SD Negeri Cimahi Mandiri 4 mengenai keterampilan menulis surat undangan, beberapa masalah ditemukan, yaitu kurangnya keterampilan siswa dalam menulis surat undangan dengan perhatian pada ejaan dan pemilihan metode pembelajaran yang tidak tepat yang digunakan. Berdasarkan ini, desain penelitian menulis surat undangan disiapkan menggunakan metode ESTIGA. Metode ESTIGA adalah kombinasi dari model kooperatif tipe STAD, metode pengacakan dan tinggi kalimat. Pembelajaran terdiri dari pendekatan untuk presentasi mater, tim, perjuangan, menulis surat dan tinggi kalimat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan model spiral Kemmis dan Mc Taggart. Prestasi belajar siswa dalam data awal hanya 4 orang (20%) ada perubahan pada siswa yang menyelesaikan 17 orang (85%). Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode ESTIGA dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam belajar menulis surat undangan di kelas V SD Cimahi Mandiri 4, Kecamatan Cimahi Tengah, Kabupaten Cimahi.

References

Djuanda, D dkk. (2006). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press

Fitriyani, Dewi. (2005). Penguasaan Kalimat Efektif dan Penguasaan Diksi dengan Kemampuan Menulis Eksposisi pada Siswa SMP. Jurnal Pesona 1 (2), hal. 130-131.

Huda, M. (213). Model-model Pengakjaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iawara, P D. (2016). Pengembangan Materi Ajar dan Evaluasi pada Keterampilan Menulis dan Berbicara di Sekolah Dasar. Proceedding International Seminar 2016, hal. 391.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sodiqin, Ahmad. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS Di Sekilah Dasar. Bandung: Nusa Media.

Soedjito & Solchan. (2014). Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-02-02

Issue

Section

Articles