PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SD KELAS V MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

Authors

  • Cahyanti Yuni Astuti Astuti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i1.4721

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematik, Bangun Ruang, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)

Abstract

ABSTRAK

Dalam penelitian ini Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk menganalisis skenario dan implementasi, respon guru dan siswa, serta kesulitan yang ditemui siswa dalam menyelesaikan tugasnya. Pemahaman konsep  sangatlah penting diterapkan kepada siswa usia 7-12 tahun yang masih berpikir dalam tahap operasional konkrit, hal ini dapat memudahkan siswa dalam  menerjemahkan pemahaman matematika. Dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) peserta didik dihadapkan dengan beberapa konsep melalui model konkrit yang berada di dunia nyata sehingga memudahkan mereka dalam mempelajari bangun ruang. Hal tersebut dapat mengurangi masalah yang dihadapi mereka dalam menyelesaikan tugasnya. Implementasi dan skenario yang dirancang melalui media yang bersifat konkrit yang disajikan guru, membuat siswa lebih aktif dan tertarik untuk mempelajari materi lebih dalam sehingga pembelajaran lebih interaktif. Respon siswa dan gurupun semakin positif. Masalah yang menyulitkan siswa berkaitan dengan kelemahan pendekatan RME sendiri yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama dalam melakukan pembelajaran terutama pada siswa dengan pola belajar lambat, membutuhkan bimbingan dan perlakuan yang khusus agar mereka dapat memahami apa yang sedeng mereka pelajari. Dari penelitian serta pembahasan yang sudah dilaksanakan, peneliti memperoleh hasil dan menyimpulkan bahwa pendekatan RME memberikan pengaruh yang baik terhadap kegiatan pembelajaran siswa sehingga respon siswa dan guru lebih positif yang menghasilkan peningkatan pada pemahaman siswa terhadap konsep matematik.

 

Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematik, Bangun Ruang, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).

Author Biography

Cahyanti Yuni Astuti Astuti, IKIP Siliwangi

PGSD

References

Hendriana, Rohaeti, dan S. (2017). Hard Skill Dan Soft Skill Matematika Siswa (P. R. Aditama, ed.). Bandung.

Hikmah, N. (2017). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematik Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Materi Bilangan. Sebuah Skripsi.(U. S. H. Jakarta, ed.). Jakarta.

Isrok’atun dan Rosmala, A. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. (P. B. Aksara, ed.). Jakarta.

Lexi. J. Meleong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif (P. R. R. Karya., ed.). Bandung.

Mustaqim, B. & A. A. (2008). Ayo Belajar Matematika untuk SD/ MI Kelas V (P. P. D. P. Nasional, ed.). Jakarta.

Nurainingtias, P. Y. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Domban 2 (UNY, ed.). Yogyakarta.

Ompusunggu, K. V. D. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematika & Sikap Positif Terhadap Matematika Siswa SMP Nasrani Medan melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Saitech, Vol. 6. No, 95.

Sanjaya, W. (2010). Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran (K. P. Grup, ed.). Jakarta.

Supinah. (2008). Pembelajaran Matematika SD dengan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan Kurikulum KTSP (P. Matematika., ed.). Yogyakarta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran (Ke 1). Jakarta: prenadamedia Grup.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik (G. Ilmu, ed.). Yogyakarta.

Yudhanegara, L. dan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (P. R. Aditama, ed.). Bandung.

Downloads

Published

2021-02-02

Issue

Section

Articles