PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA SD KELAS 1 DENGAN MENGGUNAKAN METODE EJA

Authors

  • Laila Nur Latifah

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i1.4728

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui pembelajaran keterampilan membaca permulaan pada siswa SD kelas 1 dengan memakai metode eja. Deskriptif kualitatif sebagai Metode yang dipakai pada penelitian ini. Subjek dari penelitian ini yakni siswa kelas 1 SD di SDN Nugraha dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa terdiri dari 12 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Instrumen yang dipakai yakni lembar observasi guru dan siswa, soal tentang membaca permulaan, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kenaikan kualitas pembelajaran ketika di terapkan metode eja. Hal tersebut ditunjukan dengan skor rata-rata pada observasi guru sebesar 95, skor rata-rata pada observasi siswa sebesar 93, persentase peningkatan dari nilai pre test ke post tets sebesar 35,83%, serta persentase skor angket guru sebesar 95%, dan rata-rata persentase skor angket siswa sebesar 93%.

Downloads

Published

2021-02-02

Issue

Section

Articles