PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI SEDERHANA PADA SISWA SD KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN EXPERIENTAL LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI

Authors

  • Nia Kurnia Ikip Siliwangi
  • Deden Herdiana Altaftazani Ikip Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i1.4748

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SDN Ciwaruga 1 Kabupaten Barat.Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VB yang berjumlah 33 orang.Metode pengumpulan data yaitu observasi, pengumpulan angket, wawancara dan tes tertulis.Penelitian ini dilandasi karena masih rendahnya kemampuan anak dalam menulis narasi sederhana. Hal ini terbukti dengan hasil tes menulis narasi siswa kelas VB yang hampir 80,9% atau sekitar 28 dari 33 orang siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu pendekatan Experiental Learning tidak hanya mengutamakan pengalaman anak saja namun membuat pengalaman baru yang berkesan pada diri siswa dan menumbuhkan rasa percaya diri mereka.Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dalam pembelajaran menulis narasi sederhana dengan menggunakan pendekatan ExperientalLearning berbantuan media gambar seri.

References

Annisa. (2018). Kemampuan Menulis Narasi Peserta Didik Kelas VI di MIS Nurul Jihad Pintulung Kelurahan Tassililu Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Makassar: Universitas Negeri Islam Alauddin.

Cahyani, I. (2014). Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter dengan Pendekatan Experiental Learning. Bandung: Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Dewi, S. P. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Sederhana Berbentuk Narasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Fathurrohman, M. (2015). Model- Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: ARR-RUZZ MEDIA.

Keraff, G. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Pradita, I. K. (2014). Kemampuan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Karangwuni Sleman Menggunakan Pembelajara Di Luar Kelas. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rudi, S & Cepi, R (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.

Semi, M. A. (1990). Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya Padang.

Slamet, S. (2017). Dasar- Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Tutut. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas VA SD Negeri Kentungan Kecamatan Depok Sleman Menggunakan Model Picture and Picture. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-02-02

Issue

Section

Articles