PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SEDERHANA PADA SISWA SD KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA

Authors

  • Yayan Eliyana IKIP Siliwangi
  • Medita Ayu Wulandari IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i1.4783

Keywords:

Pendekatan Kontekstual, Media Kartu Kata

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menelaah skenario dan implementasi, respon guru dan siswa, serta kesulitan yang dialami murid ketika mengerjakan tugas. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif deskriptif dengan maksud untuk memberikan gambaran tentang upaya yang dilakukan oleh guru dalam menambah kecakapan membuat puisi sederhana bagi bagi siswa kelas IV SD dengan memanfaatkan pendekatan kontekstual berbantuan media kartu kata. Subjek penelitian adalah siswa SD Kelas IV di SD Negeri Kiarapayung Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat yang berjumlah 14 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Instrumen pada penelitan ini berupa: (1) Tes berbentuk soal uraian terdiri dari 6 soal untuk menilai sejauh mana kecakapan menulis puisi, tes ini diberikan pada saat pretes dan postes. (2) Non tes berupa Angket/ Skala sikap untuk mengukur respon guru dan siswa. Skala Pendapat Siswa dipakai guna menilai sejauh mana kemampuan diri siswa memahami materi yang dipelajari. Skala penilaian angket yang digunakan mengacu pada model skala yang terdiri dari empat respon skala interval 1-4. Skenario dan implementasi menunjukkan adanya temuan di lapangan yaitu siswa mampu belajar lebih aktif dengan cara guru memberikan pengalaman belajar menggunakan media konkrit serta terjalin hubungan sosial antara siswa dengan guru ataupun teman. Hasil angket/ skala pendapat siswa mendapatkan hasil respon positif dengan mendapatkan skor rata-rata keseluruhan adalah 28 dengan persentase 70%, hasil tersebut membuktikan respon siswa sebagian besar menyatakan pendekatan Kontekstual berbantuan media kartu kata sangat menyenangkan dan menarik karena dapat memudahkan dan meningkatkan kreatifitas dalam membuat puisi. Kesulitan yang dialami siswa ketika menulis puisi adalah keterbatasan kosa kata dalam mengembangkan kata menjadi kalimat puisi yang sesuai dengan tema dan kesulitan dalam menentukan diksi, tetapi kesulitan tersebut hanya beberapa persen umumnya siswa mampu membuat puisi setelah diberikan pembelajaran sehingga keterampilan membuat puisi sederhana pada siswa SD kelas IV dengan pendekatan kontekstual berbantuan media kartu kata mengalami peningkatan hal ini dibuktikan nilai rata-rata pada pretes di pertemuan pertama meningkat dari 68 menjadi 72 pada postes di pertemuan terakhir dan presentase ketuntasan siswa meningkat pula pada kondisi awal sebesar 47%, dan pada kondisi terakhir sebesar 80%. Berdasarkan hasil riset dan pengkajian pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh kecakapan dalam keterampilan menulis puisi sederhana pada siswa SD kelas IV setelah diterapkannya pendekatan kontekstual berbantuan media kartu kata.

Author Biographies

Yayan Eliyana, IKIP Siliwangi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Medita Ayu Wulandari, IKIP Siliwangi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

References

Abdurahman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Akhadiah, Sabarti dkk. (1998). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto,S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2002 ). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Har, Aveis (2011). Yuk, Menulis! Diary, Puisi dan Cerita Fiksi. Yogyakarta: G-media.

Komalasari, Kokom (2010). Pembelajaran Kontekstual dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama.

Sadiman, Arief S, dkk (2009). Media Guruan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono (2011). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S, (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke 7. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Suparno, Paul ( 2001 ). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta : Kanisius.

Tarigan, H.G. (2013). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waluyo, J. H. (2002). Drama: Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya.

Downloads

Published

2021-02-02

Issue

Section

Articles