PEMBELAJARAN MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME)

Authors

  • sumiati sumiati Ikip Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i1.4794

Keywords:

, Pemahaman Konsep, Realistic Mathematic Education (RME

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario dan implementasi, respon guru dan siswa, serta kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas. Pemahaman konsep matematis sangat penting diterapkan pada siswa kelas V SD, karena untuk menemukan cara berfikir siswa dalam menyampaikan gagasan matematis dari yang sifatnya abstrak menuju konkret. Melalui pendekatan Realistic Mathematic Education siswa dapat membuat beberapa konsep materi bilangan pecahan sederhana menjadi sesuatu yang konkrit dan dapat digunakan untuk mengurangi kesulitan belajar sehingga matematika menjadi lebih interaktif dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Skenario dan implementasi menunjukkan adanya temuan di lapangan yaitu siswa dapat belajar lebih aktif dengan cara guru memberikan pengalaman belajar menggunakan media konkrit serta interaksi sosial antara dengan guru ataupun teman. Respon guru dan siswa sangat baik. Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas dalam kemampuan pemahaman konsep pecahan terdapat pada indikator membuat persamaan atau model matematika dari representasi lain yang diberikan serta menyusun cerita yang sesuai dengan suatu representasi yang disajikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V khususnya pada mata pelajaran matematika materi bilangan pecahan setelah diterapkannya pendekatan RME.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Realistic Mathematic Education (RME)

Author Biography

sumiati sumiati, Ikip Siliwangi

Pgsd

References

Afriansyah, E.A. (2012). Design Research: Konsep Nilai Tempat dalam Operasi Penjumlahan Bilangan Desimal di Kelas V Dekolah Dasar. Tesis Magister pada SPS UNSRI-UTRECHT: Tidak diterbitkan

Alim, J.A. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Realistik Matematika (RME) Pada Mata Kuliah Statistik Pendidikan Mahasiswa PGSD Semester V Tahun Akademis 2012/2013. Jurnal Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (2), 19-27

Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125–133. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39

Krisdaning. (2013). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Manjung Kabupaten Klaten. Laporan Penelitian. Universitas Negeri Yogyakarta.

Maimun. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Sederhana Melalui Media Kartu Pecahan Di Kelas Vi SD Negeri 011 Desa Baru Kecamatan Siak Hulu. Jurnal Pajar (Pendidik)

Saadah. (2017). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Menggunakan Pecahan Dalam Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN 003 Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan. Jurnal Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6 (2), 539- 545.Soedjadi.

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49

Sukayati & Marfuah (2009) Pembelajaran operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan di SD. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembalajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu

Wiriaatmadja, Rochiati. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Remaja Rosdakarya

Zulfah, Z. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri Naumbai Kecamatan Kampar.Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, (2),65-76. Retrieved From Http://Journal.Stkiptam.Ac.Id/Index.Php/Cendekia/Article/View/634

Zulkardi. (2001). Penerapan PMR Dalam Pembelajaran Matematika. Surabaya: UNESA

Downloads

Published

2021-02-02

Issue

Section

Articles