MENINGKTKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DIKELAS V SD

Authors

  • LILIH ROSMAWATI IKIP SIIWANGI
  • Agni muftianti

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i1.4869

Keywords:

Speed Reading, Bahasa Indonesia, Keterampilan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan metode speed reading,  respon guru dan siswa dalam keterampilan membaca siswa dengan menggunakan metode speed reading dan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan metode speed reading. Metode penelitian yang digunakan dalan penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian menggunakan Pre-test and Post-test Group Design. Sampel yang akan diteliti yaitu siswa kelas V SD tersebut yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen test, non-test (kuesioner), wawancara dan obervasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa melalui penerapan metode metode Speed Reading berjalan dengan baik dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dengan adanya penggunaan metode Speed Reading siswa menjadi lebih termotivasi dan tertarik dalam hal membaca. Guru memberikan tanggapan bahwa peneliti mengajar materi metode Speed Reading sangat baik dan sesuai dengan tahapan dan alokasi waktunya. Ketika pelaksanaan siswa terlihat lebih antusias dan semangat dengan pembelajaran Bahasa Indonesia dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional siswa cenderung pasif karena seluruh kegiatan dipegang oleh guru, dimana guru lebih banyak memberikan penjelasan dan menyampaikan materi. Hal tersebut sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Sedangkan respon siswa mengenai metode Speed Reading pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia telah dinilai baik. Dari analisis menunjukkan bahwa siswa merasa bahwa metode Speed Reading mampu memudahkan mereka dalam memahami bacaan yang mereka baca. Hal ini juga menunjukkan bahwa membaca cepat tidak hanya mengutamakan kecepatan namun tidak mengabaikan pemahamannya. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam menggunakan metode Speed Reading pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yakni masih terdapat siswa yang merasa kebingungan atau kehilangan pemahaman dari apa yang telah dibaca karena mereka belum atau kurang begitu menguasai keterampilan membaca dengan menggunakan teknik speed reading, maka dari itu perlu diadakan latihan agar mereka menguasai keterampilan membaca secara cepat.

Kata Kunci: Speed Reading,  Bahasa Indonesia, Keterampilan


 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan metode speed reading,  respon guru dan siswa dalam keterampilan membaca siswa dengan menggunakan metode speed reading dan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan metode speed reading. Metode penelitian yang digunakan dalan penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian menggunakan Pre-test and Post-test Group Design. Sampel yang akan diteliti yaitu siswa kelas V SD tersebut yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen test, non-test (kuesioner), wawancara dan obervasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa melalui penerapan metode metode Speed Reading berjalan dengan baik dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dengan adanya penggunaan metode Speed Reading siswa menjadi lebih termotivasi dan tertarik dalam hal membaca. Guru memberikan tanggapan bahwa peneliti mengajar materi metode Speed Reading sangat baik dan sesuai dengan tahapan dan alokasi waktunya. Ketika pelaksanaan siswa terlihat lebih antusias dan semangat dengan pembelajaran Bahasa Indonesia dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional siswa cenderung pasif karena seluruh kegiatan dipegang oleh guru, dimana guru lebih banyak memberikan penjelasan dan menyampaikan materi. Hal tersebut sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Sedangkan respon siswa mengenai metode Speed Reading pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia telah dinilai baik. Dari analisis menunjukkan bahwa siswa merasa bahwa metode Speed Reading mampu memudahkan mereka dalam memahami bacaan yang mereka baca. Hal ini juga menunjukkan bahwa membaca cepat tidak hanya mengutamakan kecepatan namun tidak mengabaikan pemahamannya. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam menggunakan metode Speed Reading pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yakni masih terdapat siswa yang merasa kebingungan atau kehilangan pemahaman dari apa yang telah dibaca karena mereka belum atau kurang begitu menguasai keterampilan membaca dengan menggunakan teknik speed reading, maka dari itu perlu diadakan latihan agar mereka menguasai keterampilan membaca secara cepat.

Kata Kunci: Speed Reading,  Bahasa Indonesia, Keterampilan

 

 

Author Biography

LILIH ROSMAWATI, IKIP SIIWANGI

Bandung

Downloads

Published

2021-02-02

Issue

Section

Articles