Analisis Kekeliruan dalam Penulisan Kata Baku pada Lembar Jawaban Materi Keragaman Suku Bangsa dan Agama pada Siswa Kelas V SD

Authors

  • Frans Lumban Toruan IKIP Siliwangi
  • Euis Eti Rohaeti IKIP Siliwangi
  • Galih Dani Septian Rahayu IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/c.v4i2.4988

Keywords:

Menulis, kekeliruan kata, faktor penyebab

Abstract

Menulis merupakan aspek penting dalam pendidikan, khususnya bagi siswa saat pembelajaran berlangsung di kelas. Dalam penulisan secara formal banyak aspek penting yang harus diperhatikan, salah satunya adalah kebakuan kata yang digunakan. Namun pada kenyataannya masih banyak penulisan kata baku yang tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kekeliruan kata baku yang ditulis oleh siswa dalam menulis jawaban dari soal materi pelajaran keragaman suku bangsa dan agama serta menjabarkan faktor yang mempengaruhi kekeliruan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN Cibabat Mandiri 1. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 28 kekeliruan penulisan kata dari 39 siswa dengan faktor penyebab sebagai berikut: (1) faktor dwikebahasaan, (2) faktor lingkungan, (3) faktor kebiasaan dalam bahasa ibu, dan (4) faktor tidak cukupnya kosakata bahasa penerima.

References

Galih Dani Septian Rahayu, H. S. (2019). Influence of vba-based monopoly game in microsoft excel as teaching material on primary school students' cross-cultural competence in social studies learning. Mimbar Sekolah Dasar, Vol. 6 No. 2 Hal. 148.

Manibuy, R. (2014). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan taksonomi solo pada kelas X SMA Negeri Plus di Kabupaten Nabire-Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol 2 No 9 Hal 934.

Mustofa, M. A. (2018). Interferensi bahasa indonesia terhadap bahasa arab. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, vol 20 no 02 hal 148-149.

Setiawati, S. (2016). Penggunaan kamus besar bahasa indonesia (KBBI) dalam pembelajaran kosakata baku dan tidak baku pada kelas IV SD. Jurnal Gramatika, Vol 2 No 1 hal 49.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Triyani, R. I. (2018). Parole. Penerapan metode discovery learning pada pembelajaran menulis anekdot, volume 1 no. 5 hal 713-720.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles