IMPLEMENTASI PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI MEMBACA DENGAN METODE PROJRCT BASED LEARNING (PJBL) DIKELAS II SEKOLAH DASAR

Ilma Pasca Herlina, Ronny Mugara

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penanaman atau implementasi serta mengetahui hasil perubahan-perubahan dari penanaman karakter disiplin siswa setelah melalui membaca dengan metode Project Based Learning di kelas II di Sekolah Dasar. Alasan penulis dilatarbelakangi oleh para siswa yang sering kali melakukan hal yang tidak mencerminkan kedisiplinan dan dengan kurangnya penguatan karakter dalam diri siswa sehingga berpengaruh pada perilaku sehari-hari dan siswa kerap kali melakukan tindakan yang melanggar aturan seperti membuang sampah sembarangan, datang kesekolah tidak tepat waktu, tidak melaksanakan piket kelas dll. Mereka sering sekali mengabaikan aturan-aturan yang ada. Dengan adanya hal ini perlu adanya sebuah metode pendidikan yang diharapkan dapat memperbaiki perilaku dan moralitas para siswa disekolah. Dalam impelementasi penanaman karakter disiplin siswa setelah melalui pelajaran membaca dengan metode Project Based Learning diharapkan dengan metode Project Based learning dapat merubah karakter disiplin siswa melalui membaca karena dengan membaca bisa memberikan landasan teori tentang sikap disiplin walaupun sebenarnya tidak cukup dengan hanya membaca saja, karena dalam hal ini selain membaca siswa pun harus memiliki pengalaman dan pengalaman yang berkenaan dengan sikap disiplin lingkungan mereka jadi intinya teori yang didapatkan dari membaca dihubungakan dengan pengalaman dan dalam metode Project Based Learning ini diharapkan akan ada perubahan sikap disiplin siswa. Dengan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kelas II sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini adalah langkah-langkah metode Project Based Learning (PJBL) Penentuan Pertanyaan Mendasar (Start With the Essential Question), Mendesain Perencaan Proyek (Design a Plant for the Project), Menyusun Jadwal (Creat a Schedule), Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Student and the Progress of the Project), Menguji Hasil (Assess the Outcome), Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the experience) melalui membaca dianggap cukup baik dalam merubah karakter disiplin siswa Pembelajaran berbasis proyek merupakan model belajar yang bisa Meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk belajar, Melibatkan peserta didik untuk belajar mengambil informasi dan menunjukan pengetahuan yang dimiliki, kemudian diimplementasikan dengan dunia nyata.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. 2011. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ariantoni. 2017. Panduan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Armandelta Selaras.

Alfian Budi Prasetya. (2014). Penerapan Pendidikan karakter Nilai Disiplin Dan Nilai Tanggung Jawab Dalam mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga, Dan kesehatan (PJOK) Dikelas I dan IV SD Negeri Percobaan 3 (U.N Yogyakarta.ed.). Yogyakarta.

C.K, Taufani. 2008. Menginstal Minat Baca Siswa. Bandung: PT Globalindo Universal Multikreasi.

Nur Rahmat, Sepriadi, R.D. (2017). Jurnal Management, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan Volume 2. No.2, juli-Desember 2017.2 (2)

Riyanto, Yatim. 2010. Methodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Restianti. H. 2009. Peningkatan Mutu Pendidikan Dalam Mengajarkan Bahasa Indonesia. Bandung: CV Citra Praya.

Rosmery. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin. Jakarta: PT. Penerbit Lentera Abadi.

Sugiana, A. (2019). Palembang Penampilan Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SMK Ethika.105-116. Retrieved from Guru PAI, Nilai-nilai Karakter

Safitri, I. R. (2019).Analisis Ektrakurikuler Pramuka Sebagai Konstruksi Dasar Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SDN Karangasem 03.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumani, M dan Hariyanto, (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Model. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ulfisa Ananda. (2018). Penerapan Model Project Based Learning UNTUK Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Min ^ Aceh Selatan (U.N. A.-R. Darussalam, ed.). Banda Aceh.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

https://akuntaonline.com/pengertian-dan-contoh-instrument-penelitian/

https://www.ekaikhasanudin.net/2014/09/model-pembelajaran-project-based.html?m=1

http://www.mahadhika.or.id/berita/detail/tujuan-dan-fungsi-membaca

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/08/20-pengertian-disiplin-menurut-para-ahli.html

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/08/20-pengertian-disiplin-menurut para ahli.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats