IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EKOLOGIS SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v4i2.5155Keywords:
ecological intelligence, media, model discovery learningAbstract
References
Arifin,N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Skripsi(S1), Fkip Universitas Pasundan.
Arifin, Zaenal. (2011). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2007). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Aksara.
Arikunto,S. Suhardjono dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Asyhar,Rayanda.(2011).Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Peraturan Mendiknas: Standar Isi
dan Standar Kompetensi Lulusan 2006. Jakarta: Depdiknas.
Beetlestone, F. (2011). Creative Learning Alih bahasa Narulita Yusron. Nusa media.Dadan Djuanda. 2006. Pembelajaran bahasa Indonesia Yang Komunikatif Dan
Menyenangkan. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional Direktorat
Jenderal Pendidikan Tinggi.
Depdiknas. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.
Firdaus, A. R. (2018). Application Of Everyon A Teacher Here Learning Model To Improve Self Confidence. Gastrointestinal Endoscopy, 10(1), 279–288. https://doi.org/10.1542/peds.2006-2099
Hamalik, Oemar. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Gramedia.
Kelana, J. B. (2018). The Effect Of The Learning Media To Think Creative Of To The Ability Science Literacy Student of Elementary School. Primary Edu - Journal of Primary Education, 2(2), 79. https://doi.org/10.22460/pej.v2i2.1008
Kelana, J. B. (2018). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Cimahi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar IKIP SILIWANGI.
Kusaeri dan Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kusmijati, N. (2014). Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan
Lestari Ayu Ida. (2016). Lima Jenis Tempat Sampah Yang Perlu Kita Tahu. [Online]. Diakses dari http://www.hipwee.com/list/5-jenis-warna-tempat-sampah-yang-perlu-kita-tahu/tanggal 27 Maret 2020.
Lestari, Ngreni. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan menggunakan Media Gambar Dengan Pendekatanketerampilan Proses Siswa Kelas 2 Sd Malangrejo Kabupaten Sleman. Skripsi PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. [Online]. Diakses tanggal 20 Desember 2017.
Mulyasa. (2012). Managemen PAUD. Bandung: Rosda Karya
Mulyasa. (2011). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Muslihuddin. (2010). Kiat Sukses Melaksanakan PTK dan Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Purwanto, Ngalim. (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Rosda karya.
Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departement Pendidikan dan Kebudayaan.
Rismayani, Ni Luh. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa.Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.
Rhomartin, W. (2016). Penerapan Discovery Learning Dengan Multimedia Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 5 Bumirejo Tahun Ajaran 2015/2016. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 4(6.1).
Peningkatan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 5 Bumirejo Tahun Ajaran 2015/2016. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 4(6.1).
Riyanto,Yatim. (2010). Methodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta:Kencana.
Soedarsono, FX. (2001). Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Ditjen Dikti PAU PPAI.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kualitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumani, M dan Hariyanto, (2012). Pendidikan Karakter. Konsep dan Model. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido Offset.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. [Online].
Syah. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Takdir, Mohammad. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta : Diva Press.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme: Konsep, Landasan Teoritis- Praktis dan Implementasinya. Surabaya: Prestasi Pustaka Senjaya.
Wardani,IG.A.K. (2014). Hakikat Penelitian Tindakan Kelas. Respository.ut.ac.id.