PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v4i3.5431Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran dan respon guru dan siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep IPA sangat penting diterapkan pada siswa kelas V sekolah Dasar., lantaran buat menemukan cara berfikir siswa untuk mengunkapkan pembelajaran IPA mengaitkan mengaitkan antara materi yang diajarkan menggunakan situasi global konkret siswa pada kehidupan sehari-hari, pada pembelajarannya akan mengaitkan dengan alternatif yang lain. Melalui Model Contextual Teaching And Learning (CTL), siswa bisa aktif dalam memompa kemampuan diri dan merangsang otak buat menyusun pola-pola yang mewujudkan makna dan menghubungkan muatan akademis menggunakan konteks kehidupan sehari-hari buat mengurangi kesulitan belajar sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik . Penelitian ini memakai metode Deskriptif Kualitatif.Skenario dan Implementasi menunjukan adanya temuan dilapangan yaitu siswa bisa bejarar lebih aktif dengan cara guru memberikan pengalaman belajar mengaitkan antara materi yang diajarkan menggunakan situasi global konkret siswa dan hubungan sosial antara menggunakan guru ataupun teman. Respon guru dan siswa sangat baik. Berdasarkan output penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, maka bisa disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh kemampuan Pemahaman Konsep IPA siswa kelas V khususnya dalam mata pelajaran IPA sesudah diterapkannya model Contextual Teaching And Learning (CTL).Kata kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep IPA , Model Contextual Teaching And Learning (CTL)References
Fatimah, S. (2018). Penggunaan alat peraga pada materi alat pencernaan manusia untuk
meningkatkan pemahaman siswa kelas V di MI Masyhudiyah Giri Kebomas Gresik
(Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman
Konsep Siswa melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA.
Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9-16.
Nurdiansyah, Fahyuni Eni Fariyatul (2016). INOVASI MODEL PEMBELAJARAN
Sesuai Kurikulum 2013 . Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Restu, N. K., Ruqoyyah, S., & Samsudin, A. (2020). Kemampuan Representasi Matematis
Bilangan Pecahan Pada Siswa Kelas III SD dengan Menggunakan Model Project
Based Learning. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education),
(3), 73-81.
Pratama, D. F. (2016). PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN
PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN
PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA. Metodik
Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 11(1).