PEMBELAJARAN MENYUSUN KALIMAT ACAK PADA SISWA KELAS I DENGAN MENGGUNAKAN METODE SCRAMBLE BERBANTUAN KARTU KATA
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v4i4.5458Keywords:
Kalimat acak, Metode Scramble, Kartu KataAbstract
Pemilihan topik berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa kelas 1 SD khususnya dalam keterampilan berbahasa Indonesia untuk materi kalimat acak. Hasil observasi diperoleh  bahwa keterampilan  siswa dalam menyusun kalimat cenderung rendah. Peneliti menerapkan pendekatan pembelajaran menyusun kalimat acak pada siswa menggunakan metode scramble berbantuan kartu kata sebagai strategi yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam belajar. Metode yang dipilih untuk penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun dari hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan menyusun kalimat acak pada siswa kelas I dengan menggunakan kartu kata mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hasil observasi awal. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kondisi awal hanya 53% dengan nilai di atas KKM, sedangkan pada saat kondisi akhir nilai rata-rata siswa adalah 86%.
References
Dimyati dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineke Cipta
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Hasan Alwi, H. L. (2000). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Pratama, D. F. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Cooperative Script Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Collase, 231.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Syaiful Bahri Djamarah, A. Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.