PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA SD KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SAVI

Authors

  • Yurmaita Yurmaita Ikip Siliwangi
  • Duhita Savira Wardani Ikip Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v4i4.5529

Abstract

Keterampilan menulis merupakan satu dari empat keterampilan berbahasa yang penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah 1).untuk mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa SD kelas IV dengan menggunakan model SAVI ,2). Mendeskripsikan respon guru dan respon siswa kelas IV terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa SD kelas IV dengan menggunakan model SAVI,3) Mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa SD kelas IV dengan menggunakan model SAVI. Berdasarkan hasil observasi atau wawancara peneliti dengan guru Sekolah Dasar (SD) ternyata hasil belajar rata-rata siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia belum terlaksana secara maksimal dan hasil keterampilan menulis belum sesuai harapan. Data empiris menunjukkan bahwa Bahasa Indonesia pada kegiatan membaca dan menulis masih rendah.Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode Deskriptif kualitatif, hal ini supaya peneliti dapat menjelaskan upaya yang dilakukan guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya pada materi pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa SD kelas IV dengan menggunakan model SAVI. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan instrument yaitu lembar observasi dalam bentuk wawancara,lembar kerja siswa dan tes hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV disalah satu Sekolah Negeri di Kabupaten Cianjur tahun pelajaran 2019-2020 dengan jumlah 30 siswa, Terdiri dari 14 siswa  laki – laki dan 16 siswa perempuan. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan pembelajaran, diperoleh hasil peningkatan nilai rata-rata hasil tes pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa SD kelas IV dengan menggunakan model SAVI mencapai 89%. Dapat disimpulkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan.

References

Ahmadi, M. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: Yayasan Asah Asih Asuh.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Mukhtar. (2018). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif, Jakarta: Referensi

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Sulistyo-Basuki. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra

Sulkifli dan Marwati. (2016). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Bastra, 1,(1). [online] diakses dari http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA/article/download

Widyartono, D. 2012. Hakikat Puisi [online]. Tersedia: http://didin.lecture.ub.ac.id/puisi/hakikat-puisi. [4 Januari 2012]

Downloads

Published

2021-07-12

Issue

Section

Articles