PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KERANJANG BIJI-BIJIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 195 ISOLA
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v4i4.5585Keywords:
Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Siswa.Abstract
References
Ariyani, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 1 Tambah Dadi Lampung Timur. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
Djamarah, S.B., dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Erna, N. (2009). Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian dan Pembagian melalui Pendekatan Kontektual pada Siswa Kelas III SDN 1 Bendo Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi: UNS.
Glover, D. (2006). Seri Ensiklopedia Anak A-Z Matematika: Volume 1 A-F (Terjemahan). Bandung: Grafindo Media Pratama.
Hamruni. (2011). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Kusnandar. (2018). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sam’s, R. H. (2010). Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Teras.
Sanusi, N.M. & Widyaningsih, F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
pada Pokok Bahasan Pecahan. JKPM, 1(2): 17-23.
Saptayanti, G.A.K.E., Wibawa, I.M.C., & Pudjawan, K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap Hasil Belajar Matematika. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1): 1-11.
Sardiman, A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Shoiman, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Depok: Ar-Ruzz Media.
Slavin, R.E. (2010). Cooperative Learning: Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudimayasa, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, Dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 48 (1-3): 45-53.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triyanto. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.