PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DENGAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KERANJANG BIJI-BIJIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 195 ISOLA

Resti Sarifah Ningsih, Linda Hania Fasha

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang tertarik belajar perkalian dan pembagian karena menganggap sulit dipahami, serta tidak menyenangkan, sehingga menyebabkan hasil belajar tidak memuaskan. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran perkalian dan pembagian sebelum dan sesudah menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media keranjang biji-bijian, respon dan kesulitan siswa pada proses pembelajaran, serta kendala yang dihadapi guru. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 195 Isola Kota Bandung berjumlah 26 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Analisis data dilakukan dengan membandingkan skor atau nilai siswa dengan KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa, proses pembelajaran sangat baik, dan siswa merespon dengan sangat senang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media keranjang biji-bijian dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Ariyani, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 1 Tambah Dadi Lampung Timur. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

Djamarah, S.B., dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Erna, N. (2009). Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian dan Pembagian melalui Pendekatan Kontektual pada Siswa Kelas III SDN 1 Bendo Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi: UNS.

Glover, D. (2006). Seri Ensiklopedia Anak A-Z Matematika: Volume 1 A-F (Terjemahan). Bandung: Grafindo Media Pratama.

Hamruni. (2011). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Kusnandar. (2018). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sam’s, R. H. (2010). Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Teras.

Sanusi, N.M. & Widyaningsih, F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

pada Pokok Bahasan Pecahan. JKPM, 1(2): 17-23.

Saptayanti, G.A.K.E., Wibawa, I.M.C., & Pudjawan, K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap Hasil Belajar Matematika. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1): 1-11.

Sardiman, A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Shoiman, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Depok: Ar-Ruzz Media.

Slavin, R.E. (2010). Cooperative Learning: Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudimayasa, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, Dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 48 (1-3): 45-53.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triyanto. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats